Volvo akan Jual Truk Listrik Berjarak Tempuh 600 KM
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 6 September 2024 09:00 WIB
Volvo FH Electric. (Foto: Volvo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaVolvo Trucks sedianya akan meluncurkan kendaraan berat bertenaga listrik yang jangkauan tempuhnya 600 km untuk sekali pengisian baterai. Merupakan penunjang transportasi jarak terjauh tanpa emisi gas buang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Volvo FH Electric baru akan mulai dijual pada paruh kedua tahun 2025.  Ini akan memungkinkan perusahaan jasa transportasi dan kargo mengoperasikan truk listrik pada rute antarwilayah dan jarak jauh serta berkendara seharian penuh tanpa harus mengisi daya ulang di tengah jalan.

Roger Alm, Presiden Volvo Trucks mengatakan, "Produk andalan listrik baru kami akan menjadi pelengkap yang hebat bagi berbagai truk listrik kami dan memungkinkan transportasi tanpa emisi gas buang juga untuk jarak yang lebih jauh. Ini akan menjadi solusi hebat bagi perusahaan transportasi dengan jarak tempuh tahunan yang tinggi pada truk mereka dan dengan komitmen kuat untuk mengurangi CO2.”

Jarak tempuh 600 km adalah teknologi driveline baru Volvo, yang disebut e-axle. Menciptakan ruang untuk kapasitas baterai yang jauh lebih besar di dalam kendaraan. Baterai yang lebih efisien, sistem manajemen baterai yang lebih baik, dan efisiensi keseluruhan dari sistem penggerak juga berkontribusi pada jangkauan yang lebih jauh.

Volvo Trucks merupakan pemimpin global dalam truk listrik tugas sedang dan berat dengan delapan model bertenaga baterai dalam portofolio mereka. 

Ragam produk yang luas memungkinkan untuk penerapan elektrifikasi distribusi kota dan regional, konstruksi, pengelolaan limbah, dan, segera, transportasi jarak jauh. Sejauh ini Volvo telah mengirimkan lebih dari 3.800 truk listrik kepada pelanggan di 46 negara di seluruh dunia.

Roger Alm menegaskan bahwa sektor transportasi menyumbang tujuh persen emisi karbon global. Truk bertenaga baterai merupakan alat penting untuk mengurangi jejak iklim. 

“Selain manfaat lingkungan penting yang dibawa truk listrik, truk ini menawarkan lingkungan kerja yang jauh lebih baik bagi pengemudi truk, dengan tingkat kebisingan dan getaran yang jauh lebih rendah,” ujar Roger Alm.

Volvo Trucks mendorong transisi menuju transportasi bebas bahan bakar fosil untuk mencapai target emisi nol bersih pada tahun 2040 dengan menggunakan strategi teknologi tiga jalur. Pendekatan teknologi tiga jalur ini dibangun di atas baterai listrik, sel bahan bakar listrik, dan mesin pembakaran yang menggunakan bahan bakar terbarukan seperti hidrogen hijau, biogas, atau HVO (Hydrogenated Vegetable Oil).

Pilihan Editor: Konferensi Baterai Dunia 2024 Menghasilkan 137 Proyek Baru Senilai Rp 207 T

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi