Toyota Turunkan Target Produksi Mobil Listrik di 2026, Cuma 1 Juta Unit
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 7 September 2024 08:00 WIB
Mobil listrik Toyota seri Beyond Zero hadir dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten,Rabu 17 Juli 2024 GIIAS 2024 yang diikuti lebih dari 55 merek otomotif global yang terdiri 30 merek kendaraan penumpang, 5 kendaraan komersil dan 20 merek sepeda motor anggota GAIKINDO serta menghadirkan produk mobil baru dan konsep, berlangsung 18 - 28 Juli 2024. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Motor Jepang mengumumkan rencananya untuk memangkas produksi mobil listriknya di 2026 hingga sepertiga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Toyota hanya akan memproduksi 1 juta unit kendaraan listrik di tahun 2026, dari rencana sebelumnya sebanyak 1,5 juta unit.

Melansir laman Reuters hari ini, Sabtu, 7 September 2024, Toyota sebenarnya mengungkapkan bahwa tidak ada perubahan untuk rencana produksi EV 1,5 juta unit per tahun di 2026 dan 3,5 juta unit di tahun 2030.

Namun, Toyota mengatakan bahwa angka-angka itu bukanlah target, melainkan tolok ukur untuk pemegang saham.

Memproduksi 1 juta unit kendaraan listrik per tahun merupakan usaha ambisius bagi Toyota, di tengah fokus besar Toyota pada kendaraan hibrida.

Pada tahun lalu, Toyota hanya menjual sekitar 104.000 unit kendaraan listrik dan saat ini menyumbang sekitar 1 persen dari penjualan globalnya.

Penurunan target memproduksi EV tidak hanya dilakukan Toyota. Pada awal pekan ini, Volvo mengumumkan untuk membatalkan targetnya untuk beralih sepenuhnya ke kendaraan listrik pada tahun 2030.

Mereka memperkirakan masih akan menawarkan beberapa model hibrida dalam jajaran produknya saat itu.

Di Amerika Serikat, Ford dan General Motors serta beberapa produsen mobil lainnya telah menunda atau membatalkan model listrik baru untuk menghindari pengeluaran besar pada kendaraan yang tidak dibeli konsumen. Mereka mengantisipasi hal tersebut secepatnya.

Pilihan Editor: Toyota Rilis New Fortuner dengan 3 Pengembangan Utama, Harga Mulai Rp 500 Jutaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi