3 Tips Berkendara Motor Saat Musim Kemarau agar Tetap Aman dan Nyaman
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 8 September 2024 16:00 WIB
Pemudik bersepeda motor menutupi kepalanya saat antre untuk menaiki kapal di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, Minggu, 7 April 2024. Kondisi di lokasi diperparah dengan panas matahari yang menyengat sehingga sejumlah pemudik yang dibonceng memilih meninggalkan motor untuk berteduh hingga beberapa harus dibawa ke pos kesehatan. TEMPO/M Taufan Rengganis
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Indonesia yang merupakan daerah tropis dikenal memiliki dua musim, yaitu penghujan dan kemarau. Dua musim ini memiliki tantangan tersendiri bagi pengendara sepeda motor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika pada musim penghujan rawan basah, maka pada musim kemarau pengendara rentan terkena debu dan dehidrasi. Oleh karena itu, tips berkendara saat musim kemarau perlu diketahui terutama bagi pengguna sepeda motor.

Dengan bantuan tips ini, pengendara diyakini bisa menjaga diri dan tetap nyaman ketika melakukan perjalanan di musim panas. Dilansir dari Wahana Honda, berikut tipsnya:

1. Beristirahat dan Minum

Pengendara disarankan untuk selalu beristirahat saat melakukan perjalanan jauh. Pada momen ini, minumlah air mineral untuk mencegah dehidrasi.

Karena musim kemarau akan membuat Anda mudah berkeringat sehingga jumlah cairan dalam tubuh akan berkurang. Jika kekurangan cairan, maka tubuh mudah lemas sehingga tidak fokus ketika berkendara.

2. Memakai Jaket Dengan Warna Cerah

Tips yang kedua adalah memakai jaket berwarna cerah seperti merah, kuning dan lainnya. Karena jaket yang berwarna gelap cenderung menyerap panas sehingga membuat Anda mudah kepanasan.

Sedangkan jaket dengan warna cerah tidak mudah menyerap panas, sehingga Anda dapat berkendara dengan lebih nyaman.

3. Memakai Masker dan Kaca Helm

Tips berkendara saat musim kemarau yang terakhir adalah memakai masker dan kaca helm setiap waktu. Karena dua alat ini dapat menghalau debu masuk ke mata atau hidung pengendara. Karena jika kemasukan debu, maka akan mudah bersin dan kelilipan sehingga dapat mengganggu perjalanan.

Pilihan Editor: Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino: Bagnaia Pole, Marc Marquez Jatuh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi