Simak Cara Membersihkan Noda Minuman di Jok Mobil
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 9 September 2024 09:00 WIB
Ilustrasi Jok Mobil. (Foto: Prestige Motorcars)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jok mobil sering kali menjadi bagian interior yang terabaikan dalam perawatan. Padahal fungsinya sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan estetika kendaraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Masalah yang paling sering dihadapi adalah ketika jok terkena tumpahan minuman. Mengingat, banyak dari pengendara atau penumpang mengonsumsi makanan dan minuman.

Pemilik mobil mungkin kerap kali kebingungan untuk mencari cara yang tepat membersihkan tumpahan minuman itu. Terlebih jika noda tersebut sudah mengering.

Membersihkan jok dari tumpahan minuman juga berbeda-beda, bergantung pada jenis minuman yang tumpah tersebut.

Berikut tips membersihkan noda minuman di jok mobil, dilansir dari laman Suzuki Indonesia hari ini, Senin, 9 September 2024:

1. Noda Kopi

Mengatasi noda kopi bisa dilakukan dengan beberapa cara bergantung dari jenis joknya. Jika noda kopi terkena pada jok vinil, Anda bisa membuat campuran sederhana dari soda kue dan air.

Sikat perlahan menggunakan sikat gigi atau sikat, dan tunggu selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan kain bersih.

Namun jika tumpahan berada di jok kain, Anda bisa mencampurkan cuka dan air. Tambahkan sedikit saja sabun pencuci piring dan aplikasikan pada area yang terkena noda kopi.

Gunakan sikat berbulu kaku untuk menggosok noda pada jok secara perlahan, biarkan kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk secara perlahan.

2. Noda Soda

Jika jok terkena noda soda, basahi noda dengan air dingin dan serap sisa cairan dengan kain bersih. Selanjutnya, campurkan seperempat cangkir soda kue dengan 1 cangkir air hangat.

Gosok menggunakan sikat gigi, biarkan kurang lebih 30 menit, kemudian bersihkan sisa pembersih dengan kain kering hingga noda benar-benar hilang.

Jika noda soda mengenai jok kulit atau vinil, bisa tepuk-tepuk noda dengan sedikit air untuk melembabkan jok. Kemudian, gunakan sikat gigi yang sudah diberi sedikit pasta gigi untuk mengangkat sisa noda.

Setelah selesai, lap area tersebut dengan kain pembersih untuk menghapus pasta gigi yang berlebih dan memastikan tidak ada residu yang tersisa. Beri pewangi ke seluruh permukaan jok untuk menghilangkan bau akibat noda soda yang membandel.

3. Noda Jus

Apabila jok kotor karena tumpahan jus, segera bersihkan menggunakan larutan dari seperempat gelas soda kue dan satu gelas air hangat. Kemudian, gunakan sikat gigi yang lembut untuk menggosok.

Jika noda masih membandel, biarkan larutan meresap lebih 30 menit sebelum digosok tambahan, lakukan secara perlahan agar tidak merusak permukaan jok.

Pilihan Editor: Sejarah Baru, 2 Pembalap Indonesia Naik Podium di WorldSSP300 Prancis 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi