Rasanya Menumpangi All-New Mitsubishi Triton di Jalur Off-Road
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 9 September 2024 18:00 WIB
All New Mitsubishi Triton. (Dok MMKSI)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan All-New Mitsubishi Triton dengan sukses di ajang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2024. Pada hari ini, 9 September 2024, Gooto berkesempatan menjadi penumpang belakang di jalur off-road.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menjajal lintasan off-road di area perbukitan Sentul, Bogor, Jawa Barat, unit yang kami coba adalah All-New Triton varian GLS dengan transmisi manual. Mobil ini dikemudikan oleh instruktur bersertifikasi yang disiapkan Mitsubishi.

Rute off-road ini memiliki panjang 650 meter dengan berbagai jenis jalur dan kontur, seperti jalur off-road datar, trek berlumpur, trek menanjak dan menurun, trek dengan banyak gundukan, trek dengan medan yang tidak rata, serta side ramp/ trek miring. 

Pada jalur off-road datar, peserta diberikan kesempatan untuk merasakan All-New Triton di jalan tanah dengan torsi lebih pada putaran awal. Kami menggunakan mode penggerak roda dengan pilihan drive mode yang sama, yaitu: 2WD (2H) hingga 4WD (4H, 4L).

Selanjutnya, peserta memasuki trek dengan jalan yang tidak rata dan banyak gundukan, di mana kecepatan yang disarankan adalah 10-20 km/jam. Memiliki ketinggian ground clearance mencapai 222 mm, All-New Triton cocok melintasi medan off-road.

Di sepanjang trek, terdapat berbagai rintangan, termasuk genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring. Genangan lumpur memiliki panjang sekitar 3 meter dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm.

Pada area berlumpur ini dengan efektif, pengemudi dapat memanfaatkan fitur drive ‘Mud’ dan Real Differential Lock, untuk membantu mempertahankan traksi saat ban tergelincir di kontur jalan yang tidak rata atau licin.

Rute dilanjutkan dengan trek kontur menurun dan menanjak, di mana kecepatan mobil hanya 10-20 km/jam. Saat menanjak, sopir menggunakan mode penggerak 4L. Dalam mode ini, pengemudi bahkan tidak menginjak gas, dan mobil bisa melahap tanjakan yang cukup ekstrem.

Saat duduk di kursi belakang, kami merasakan improvement pada sistem suspensinya. Sistem ini meningkatkan stabilitas berkendara dan memperbaiki performa secara keseluruhan.

Kami juga merasakan fitur-fitur yang disematkan, seperti Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle, dan Active Stability and Traction Control (ASTC).

All-New Mitsubishi Triton sendiri dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih efisien. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal 184 ps dan torsi sebesar 430 Nm.

Sekedar informasi, redaksi Gooto tidak mendapatkan kesempatan untuk melakukan test drive atau mengemudikan Mitsubishi Triton di jalur off-road.

Hal ini dikarenakan kondisi hujan lebat yang melanda area Sentul. Demi keselamatan, instruktur tidak mengizinkan untuk mengemudikan mobil di jalur ekstrem.

Pilihan Editor: Sejarah Baru, 2 Pembalap Indonesia Naik Podium di WorldSSP300 Prancis 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi