Repsol Akhirnya Berpisah dengan Honda di MotoGP 2025
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 9 September 2024 20:00 WIB
Luca Marini dan Joan Mir di MotoGP Prancis 2024. (Foto: Repsol Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Repsol memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak dengan Honda Racing Corporation di kejuaraan MotoGP 2025. Keputusan ini mengakhiri kerja sama mereka setelah sudah lebih dari tiga dekade bersama. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kerja sama antar keduanya juga membuat Repsol menjadi sponsor terlama dalam sejarah roda dua. Namun pada akhirnya kolaborasi dengan Honda itu harus berakhir. Kabar keretakan Honda dan Repsol sudah tersiar dalam beberapa bulan terakhir.

"Repsol memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak sebagai sponsor Honda Racing Corporation di kejuaraan MotoGP yang berakhir pada 31 Desember tahun ini," demikian bunyi keterangan resmi Repsol.

"Tim Repsol Honda merupakan tim paling tersukses di sejarah balapan dengan 11 titel juara, 15 titel juara dunia dan 183 kemenangan di kelas teratas balap motor," jelas Repsol.

"Repsol berterima kasih atas komitmen dan dedikasi HRC selama kerja sama bertahun-tahun. Perusahaan multi-energi ini akan tetap berkecimpung di dunia balap motor dengan tujuan untuk terus mengembangkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik," tulis Repsol lagi.

Berakhirnya hubungan tersebut diduga lantaran Marc Marquez yang memutuskan hijrah ke Gresini Racing. Seperti diketahui bersama, kepindahan The Baby Aliens itu membuat sponsor yang sebelumnya di Honda kabur satu per satu.

Sebut saja, Red Bull yang lebih dahulu tak lagi menjadi sponsor Repsol Honda musim ini. Belum diketahui ke mana Repsol akan berlabuh. Apakah nantinya Repsol kembali bekerja sama dengan salah satu tim di MotoGP atau justru tak lanjut lagi.

Repsol saat ini diketahui tengah mengembangkan bahan bakar ramah lingkungan untuk kompetisi balap. Bagi Honda, Repsol bukan sekadar sponsor. Ada banyak kolaborasi yang terjadi antara dua perusahaan tersebut.

"Memulai debutnya pada 1995, Repsol Honda langsung meraih kesuksesan dan memenangi Kejuaraan Dunia kelas utama pada tahun yang sama," tulis Honda.

"Selama tiga dekade berikutnya kolaborasi antara HRC dan Repsol telah menghasilkan 15 gelar juara dunia kelas primer, 10 gelar juara tim kelas primer, 183 kemenangan kelas primer, dan 455 podium kelas primer," lanjut pernyataan resminya.

Pilihan Editor: Sejarah Baru, 2 Pembalap Indonesia Naik Podium di WorldSSP300 Prancis 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi