Mengenal Teknik Modifikasi Porting Motor dan Bedanya dengan Bore Up
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 10 September 2024 11:00 WIB
Bore up motor di JRT Workshop. 4 Oktober 2018. TEMPO/Wisnu Andebar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Porting motor merupakan salah satu teknik modifikasi yang banyak dilakukan oleh para pecinta otomotif untuk meningkatkan performa kendaraan mereka. Banyak yang tertarik pada porting ini karena bisa memberikan peningkatan signifikan dalam kinerja mesin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia hari ini, Selasa, 10 September 2024, porting motor adalah proses modifikasi saluran masuk (intake) dan saluran keluar (exhaust) pada mesin motor.

Teknik ini bertujuan meningkatkan efisiensi aliran udara dan bahan bakar menuju ruang bakar, sehingga proses pembakaran menjadi lebih optimal.

Pada mesin standar pabrik, saluran-saluran yang ada ini biasanya memiliki permukaan yang kasar, yang dapat menghambat aliran udara dan bahan bakar.

Dengan melakukan porting, saluran-saluran ini akan diperhalus dan diperbesar agar aliran menjadi lebih lancar.

Salah satu contoh tindakan proting motor adalah dengan memperbesar ukuran intake manifold dan exhaust manifold.

Dengan demikian, aliran udara serta gas buang akan menjadi lebih lancar, dan membuat mesin bisa menghasilkan tenaga lebih besar dari sebelumnya.

Selain itu, teknik ini juga melibatkan penghalusan dan penyesuaian bentuk katup masuk dan keluar, untuk mengoptimalkan aliran udara dan bahan bakar yang masuk serta aliran gas buang yang keluar dari mesin.

Beda Porting dan Bore Up

Porting berfokus pada penghalusan dan pembesaran saluran masuk dan keluar mesin. Sedangkan bore up adalah teknik modifikasi yang melibatkan peningkatan diameter piston.

Dalam teknik bore up, diameter piston akan diperbesar secara signifikan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas mesin. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengganti piston dan komponen terkait lainnya.

Pilihan Editor: Rasanya Menumpangi All-New Mitsubishi Triton di Jalur Off-Road

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi