Panasonic Siap Produksi Baterai Kendaraan Listrik Berkapasitas Tinggi
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 10 September 2024 16:00 WIB
Logo Panasonic. REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Panasonic Energy tengah bersiap untuk memproduksi massal baterai kendaraan listrik berkapasitas tinggi. Baterai-baterai ini nantinya akan dipasok ke sejumlah produsen mobil listrik, salah satunya adalah Tesla.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Reuters hari ini, Selasa, 10 September 2024, Panasonic akan memproduksi sel 4680 yang diklaim memiliki kapasitas lima kali lipat dari baterai silinder yang lebih kecil, yakni 2170. Sel baru ini akan diproduksi di pabrik Panasonic yang berlokasi di prefektur barat Wakayama.

Panasonic telah mengirimkan sampel baterai 4680 ke sejumlah produsen mobil yang telah menjadi pemasoknya. Rencananya, produksi akan langsung dilakukan setelah mendapat persetujuan dari kliennya.

Sel baterai yang lebih besar ini memiliki diameter 46 mm dan tinggi 80 mm, yang memungkinkan produsen mobil untuk memperluas jangkauan berkendara kendaraan listrik. Selain itu, baterai mobil listrik ini juga memungkinkan penggunaan lebih sedikit sel untuk mencapai kapasitas baterai yang sama.

Tesla sebenarnya sudah memproduksi baterai 4680 miliknya sendiri. Namun, mereka masih mengalami kendala untuk bisa memproduksi baterai tersebut yang disematkan pada pickup listriknya, yakni Cybertruck.

Pilihan Editor: Rasanya Menumpangi All-New Mitsubishi Triton di Jalur Off-Road

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi