Ini Alasan Ban Baru Tidak Boleh Diisi Pakai Tekanan Nitrogen
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 11 September 2024 11:00 WIB
Ban motor. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mengisi tekanan angin ban menggunakan nitrogen sudah umum dilakukan. Nitrogen ini memiliki fungsi yang baik bagi ban motor itu sendiri, salah satunya adalah membuat tekanan anginnya lebih stabil dan menjaga suhu ban motor agar tidak terlalu panas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, jika baru mengganti ban motor, tidak disarankan untuk langsung mengisinya dengan nitrogen. Melansir laman Wahana Honda pada hari ini, Rabu, 11 September 2024, hal itu disebabkan ban baru memerlukan panas yang sempurna agar lapisan lilin pada ban bisa cepat hilang.

Seperti yang dijelaskan di atas, nitrogen memiliki sifat dingin sehingga panas yang dibutuhkan ban justru tidak akan terpenuhi. Selain membutuhkan panas dari permukaan aspal, ban motor juga butuh panas dari bagian dalam.

Sementara sifat nitrogen yang dingin, sedangkan ban baru butuh cepat panas. Jadi kalau dipakaikan nitrogen, panas yang dibutuhkan ban justru tidak akan didapat. 

Oleh sebab itu, untuk ban baru motor dianjurkan mengisi ban dengan angin biasa, karena angin biasa tidak punya sifat dingin sehingga lebih cepat menghantarkan panas dari dalam.

Pilihan Editor: 6 Tips Penting bagi Gen Z dalam Memilih Mobil Pertama

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi