4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Bisa Buat Overheat
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 11 September 2024 12:00 WIB
Sara Bahai (40), saat mengisi air radiator mobilnya sambil menunggu penumpang di Mazar-i Sharif, provinsi Balkh, Afganistan, 3 Maret 2015. Sara Bahai, merupakah satu-satunya supir taksi perempuan di Afganistan. AP/Mustafa Najafizada
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mesin mobil yang mengalami overheat bisa disebabkan sejumlah faktor, salah satunya adalah karena radiator bocor. Radiator adalah komponen penting dalam menyalurkan dan melepas hawa panas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kebocoran pada radiator bisa disebabkan beberapa hal. Berikut penjelasan empat penyebab radiator mobil bocor, dilansir dari laman resmi Suzuki hari ini, Rabu, 11 September 2024:

1. Umur Radiator

Umumnya, radiator punya usia pakai yang cukup lama. Kalau dirawat dengan baik bisa sampai 10 tahun. Namun, tidak sedikit yang di tahun kelima sudah mengalami masalah. Kalau radiator mengalami keretakan atau kebocoran, segeralah menggantinya.

2. Saluran Radiator Terhambat

Kebiasaan menggunakan air biasa untuk mengisi radiator dan tidak dibersihkan, bisa memunculkan kotoran yang menghambat jalur distribusi air radiator. Sebaiknya cek kondisi setiap 30.000 km atau 40.000 km, supaya radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kerjanya.

3. Terkena Benda Asing

Posisi radiator di bagian depan dekat mesin, membuatnya berisiko terkena batuan kerikil atau hewan-hewan yang terbang. Saat radiator bertabrakan dengan benda-benda tersebut, bukan tak mungkin kisi-kisi atau dinding radiator rusak dan akhirnya muncul kebocoran.

4. Komponen Karet dan Plastik yang Getas

Komponen pendukung radiator yang berbahan karet atau plastik rawan mengalami getas, seperti selang radiator dan tabung reservoir. Tabung plastik yang terkena panas terus-menerus bisa memicu keretakan dan akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistem radiator.

Pilihan Editor: Rasanya Menumpangi All-New Mitsubishi Triton di Jalur Off-Road

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi