Cara Shell Indonesia Antisipasi Pemalsuan Oli Kendaraan dan Alat Beratnya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 11 September 2024 19:00 WIB
Produk Shell di IEE 2024. (GOOTO/Dicky)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Shell Indonesia tidak memungkiri banyaknya oknum yang mengedarkan atau membuat oli palsu di Tanah Air. Pemalsuan ini disebut tidak hanya ada di segmen kendaraan motor dan mobil, tetapi juga pada kendaraan dan alat berat industri pertambangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kalau kita bicara produk palsu, memang tidak dipungkiri bahwa itu ada di Indonesia," kata Vice President Marketing Lubricants Shell Indonesia, Arie Satyanggoro saat ditemui di Kemayoran, Jakarta Pusat hari ini, Rabu, 11 September 2024.

Demi mengantisipasi beredarnya oli palsu itu, Arie mengatakan bahwa pihaknya menyarankan para penggunanya di bidang industri untuk membeli langsung ke distributor resmi Shell di Indonesia.

"Shell menggaransi value chain, mulai dari pabrik sampai ke customer, itu melalui jalur yang resmi. Artinya, kami punya rekanan hampir 40 distributor lebih dan kalau beli dari distributor, itu kami menggaransi oli itu pasti asli," ujar Arie menjelaskan.

Sementara itu, untuk pencegahan oli palsu di segmen kendaraan seperti motor dan mobil, Shell memastikan bahwa setiap produk oli resminya memiliki QR Code di setiap botolnya dan bisa dicek keaslian oli tersebut melalui kode QR tersebut.

"QR Code itu bisa discan. Kalau discan, kalau itu asli, itu akan masuk ke website, ada gambar botol dan ada logo centang hijau yang menandakan produk ini terverifikasi sebagai asli," ucapnya.

Selain melakukan langkah-langkah tadi, Shell Indonesia terus mengedukasi konsumen maupun bengkel untuk selalu memilih produk pelumas yang asli. Dengan demikian, diharapkan konsumen bisa mendapatkan oli Shell yang asli.

Pilihan Editor: Rasanya Menumpangi All-New Mitsubishi Triton di Jalur Off-Road

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi