Busi Motor Ternyata Bisa Retak, Ini Penyebabnya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 12 September 2024 18:00 WIB
Ilustrasi Busi. Dok. NGK
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Busi merupakan salah satu komponen motor yang berfungsi sebagai pemantik api di ruang bakar, sehingga bisa menggerakkan piston dan memutar poros engkol. Seiring pemakaian dan berbagai faktor, busi ini ternyata bisa mengalami keretakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Wahana Honda pada hari ini, Kamis, 12 September 2024, keretakan pada busi ditandai dengan retaknya bagian keramik busi.

Keramik busi yang retak menjadi indikasi untuk segera diganti dengan yang baru, karena bisa berdamak pada kinerja mesin kendaraan.

Keramik busi yang retak bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti handling yang tidak tepat, yaitu ketika busi beradu dengan material yang lebih keras atau terjatuh dari tempat yang cukup tinggi. Bisa juga disebabkan proses pemasangan busi dengan kunci busi yang tidak tepat.

Retakan pada keramik busi bisa mengakibatkan kebocoran listrik pada busi, yang berakibat pada masalah teknis seperti ruang bakar menjadi lebih mudah kotor karena aliran listrik pada busi tidak lancar.

Efek lain akibat keramik retak dalam jangka panjang adalah mesin terasa berat dan boros, sehingga busi cepat aus dan susah menyala hingga mati.

Demi menghindari masalah tersebut, disarankan proses pemasangan busi perlu dilakukan dengan tepat, seperti menggunakan ukuran kunci busi yang sesuai dan menggunakan kunci busi bermagnet bila posisi busi sulit dijangkau.

Apabila sudah ada keretakan pada busi motor, segeralah ganti dengan busi yang baru. Hal bertujuan agar performa kendaraan tetap terjaga maksimal dan menjaga keamanan dalam berkendara.

Pilihan Editor: FDR Rilis Ban Baru di FDR Day 2024 Sidoarjo

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi