Pertamina Lubricants Gelar Enduro Skill Contest untuk SMK Binaan
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 12 September 2024 14:00 WIB
Pemenang Enduro Skill Contest. (Gooto/Dimas)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pertamina Lubricants menggelar Enduro Skill Contest Nasional untuk pertama kalinya. Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan semangat kewirausahaan di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bergerak di bidang otomotif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Enduro Skill Contest melibatkan SMK binaan dari berbagai daerah di Indonesia yang telah mengikuti program Enduro Home Service. Ini merupakan program Link & Match Industri yang melibatkan SMK dengan jurusan otomotif/perbengkelan roda dua di Indonesia.

Ajang ini memberikan output berupa pelayanan home service oleh siswa untuk masyarakat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa perbaikan kendaraan roda dua, ganti oli dan servis ringan lainnya.

Sebanyak 11 finalis dari SMK terbaik dipilih untuk bertarung di babak final yang diselenggarakan pada 11 September 2024 di Jakarta.

SMK tersebut antara lain SMK Muhammadiyah 1 Padang, SMKN 2 Palembang, SMKN 1 Talaga, SMK Harapan Mulya Kendal, SMKN 3 Salatiga, SMK Muhammadiyah 1 Malang, SMKN Banjarmasin, SMKN 3 Makassar, SMK Tamtama Sidareja, SMK 1 Tanjung Priok, dan SMK Semen Gresik. 

Enduro Skill Contest ini menantang para SMK tersebut dalam dua kategori utama dan satu kategori tambahan, yakni Duta Entrepreneur, Mekanik Terbaik, dan kategori Video Favorit.

Kategori Duta Entrepreneur menyoroti strategi penjualan dan pemasaran paling inovatif dan efektif yang diterapkan oleh SMK untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan pelumas. 

Sementara itu, kategori Mekanik Terbaik menguji kemampuan teknis motor, seperti pengapian mesin, fuel pump bahan bakar, injeksi, dan kelistrikan. 

Hardiyanto Tato, Corporate Secretary Pertamina Lubricants menyebut Enduro Skill Contest adalah salah satu wujud dalam mendukung generasi muda untuk berkembang di dunia otomotif, baik dari sisi keterampilan teknis maupun kewirausahaan.

"Melalui kompetisi ini, kami berharap para siswa SMK dapat mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga profesional yang andal, inovatif, dan siap bersaing di industri," kata dia.

Berikut daftar di tiap kategori: 

1. Duta Entrepreneur

a.Peringkat 1 : SMK Tamtam 2 Sidareja b. Peringkat 2 : SMK Harapan Mulya Kendalc. Peringkat 3 : SMKN 3 Salatiga d. Peringkat 4 : SMK 1 Talagae. Peringkat 5 : SMKN 5 Banjarmasin 

2. Mekanik Terbaik

a. Peringkat 1 : SMK Muhammadiyah 1 Padang (Iqbal Tri Putra) b. Peringkat 2 : SMK 1 Talaga (Iqbal Maulana Faturochman)c. Peringkat 3 : SMK Harapan Mulya Kendal (Kesya Hadi Kusuma P) 

3. Video Favorit

a. Peringkat 1 : SMK 1 Talagab. Peringkat 2 : SMK Tamtam 2 Sidareja c. Peringkat 3 : SMK Muhammadiyah 1 Padang d. Peringkat 4 : SMK Muhammadiyah 1 Malange. Peringkat 5 : SMK Harapan Mulya Kendal.

Pilihan Editor: FDR Rilis Ban Baru di FDR Day 2024 Sidoarjo

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi