Ketahui 4 Penyebab Dinamo Starter Mobil Tidak Kuat Memutar Mesin
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 13 September 2024 11:00 WIB
Mekanik memeriksa kolong mobil di bengkel Auto2000. (Auto2000)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dinamo starter mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem penggerak kendaraan bermotor. Dinamo starter memiliki fungsi utama memutar mesin dengan kecepatan yang cukup agar mesin dapat beroperasi secara mandiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketika kunci kontak diputar, dinamo starter akan mengirimkan tenaga ke roda gigi pinion yang terhubung dengan flywheel mesin. Tanpa dinamo starter yang berfungsi baik, proses menghidupkan mesin mobil menjadi sulit bahkan tidak bisa dilakukan.

Ada empat hal yang menyebabkan dinamo starter mobil tidak kuat memutar mesin. Berikut penjelasannya, dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Kamis, 12 September 2024:

1. Kondisi Aki Lemah atau Habis

Saat baterai atau aki tidak mampu menyuplai arus listrik yang cukup, kinerja dinamo starter akan terpengaruh secara langsung.

Akibatnya, dinamo starter tidak akan memiliki daya putar yang cukup untuk memicu mesin mobil, hingga mengakibatkan kesulitan dalam menghidupkan mobil.

2. Masalah Rangkaian Kelistrikan Mobil

Kabel yang aus, kendur, atau koneksi yang longgar dapat mengganggu aliran arus listrik dari baterai atau aki ke dinamo starter.

Bahkan, komponen lain dalam rangkaian kelistrik yang mengalami kerusakan, seperti sakelar penghidup atau relay, juga dapat memengaruhi kinerja dinamo starter.

3. Kerusakan Komponen Dinamo Starter

Kerusakan komponen dinamo starter seperti motor, relay, atau roda gigi pinion bisa menjadi penyebab dinamo starter tidak kuat memutar mesin.

Faktor seperti terlalu lama, keausan, atau bahkan kegagalan komponen internal dapat mengakibatkan kinerja dinamo starter menurun.

4. Kerusakan Gigi-gigi Flywheel atau Dinamo Starter

Jika gigi-gigi flywheel aus atau rusak, maka dinamo starter tidak akan bisa mengunci atau memutar mesin dengan baik.

Hal ini dapat mengakibatkan suara berdecit atau bahkan dinamo starter tidak mampu memutar mesin sama sekali.

Pilihan Editor: Tim Moto2 Preicanos Pecat Bo Bendsneyder, Salahkan Pertamina

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi