Yamaha Kembangkan Mesin V4 untuk MotoGP 2025
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 14 September 2024 08:00 WIB
Fabio Quartararo di MotoGP Prancis 2024. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Yamaha terpantau sedang mengembangkan mesin V4 utuk MotoGP 2025. Garpu Tala nantinya akan menjadi satu-satunya pabrikan yang pakai mesin empat silinder segaris.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikutip dari Autosport, Yamaha memang belum mengumumkan resmi bahwa akan ada perubahan tipe mesin di musim mendatang. Namun, para pembalapnya memberi bocoran ada kemungkinan penggunaan V4 yang gantikan mesin sekarang.

"Yamaha harus pertimbangkan semua konsep mesin," kata Fabio Quartararo, pembalap Monster Energy Yamaha, belum lama ini.

Selain itu, terdapat bocoran proyek mesin baru Yamaha di MotoGP telah bergerak dengan cepat. Pada musim 2022, Yamaha merekrut Luca Marmoni yang sebelumnya mengembangman mesin V4 di Aprilia.

Melalui konsensi di MotoGP 2024, Fabio Quartararo dan Alex Rins sudah mengetes berbagai spesifikasi mesin. Hanya saja hasilnya tidak sebagus yang diharapkan.

Lalu, Yamaha juga menghadirkan Max Bartolini, mantan tangan kanannya Gigi Dall'Igna saat di Ducati. Artinya, Yamaha memang sedang gencar bertransformasi dengan target bisa kembali kompetitif.

Belum lagi musim depan Yamaha kembali memiliki tim satelit, yakni Pramac. Selain itu, Yamaha berencana merekrut Augusto Fernandez jadi test rider.

Belum lama ini, Andrea Dovizioso juga menggantikan Cal Crutchlow untuk melakukan tes tertutup Yamaha di Misano. Jadi ada kecenderungan Yamaha sedang mengetes mesin V4.

Pilihan Editor: Tim Moto2 Preicanos Pecat Bo Bendsneyder, Salahkan Pertamina

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi