5 Tips Sederhana Cegah Pencurian Mobil
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 16 September 2024 14:00 WIB
Kejahatan pencurian dengan pecah kaca mobil. (Foto: Tempo/Dimas Prassetyo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Modus pencurian mobil, aksesoris, spare part, barang-barang di dalam mobil, semakin ramai. Dalam melancarkan aksinya, pelaku kerap memecah kaca, membobol pintu, hingga enggunaan kunci T.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tindakan preventif perlu dilakukan pengendara untuk menghindari terjadinya kejahatan pencurian agar lebih waspada. Berikut beberapa tips sederhana yang diberikan Hyundai Gowa untuk pencegahan terjadinya pencurian mobil:

1. Selalu kunci pintu dan jendela

Jika ingin meninggalkan mobil, walaupun sebentar, pastikan semua pintu dan jendela terkunci secara otomatis. Lakukan pengecekan ulang dan pastikan alarm dalam kondisi menyala. 

2. Parkir di tempat aman

Parkir mobil di area yang cukup terang dan ramai, hindari tempat sepi dan tanpa pengawasan karena rawan pencurian. Bila perlu, lengkapi kamera CCTV di garasi. 

3. Jangan meninggalkan barang berharga di mobil

Barang berharga yang tertinggal di mobil seperti tas, laptop, atau ponsel yang terlihat dari jendela bisa mengundang kejahatan pencurian, seperti modus pecah kaca.

Biasakan bawa barang-barang berharga saat meninggalkan mobil. Jika perlu meninggalkan barang berharga, simpan di bagasi atau tempat tersembunyi.

4. Gunakan kunci ganda

Sebagai penambah keamanan, gunakan kunci tambahan seperti kunci stang, kunci roda, atau kunci pedal.

Pilih kunci tambahan yang berkualitas. Dengan adanya kunci tambahan, mobil tetap pada tempatnya meskipun pencuri berhasil menyalakan mesin mobil. 

5. Gunakan teknologi keamanan 

Salah satu upaya dalam mencegah pencurian pada mobil, maka penting bagi pengendara untuk memilih mobil yang sudah dilengkapi fitur keamanan.

Pilihan Editor: Hasil F1 Azerbaijan 2024: Oscar Piastri Juara, Verstappen Gagal Podium Lagi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi