CATL Rilis Baterai Truk Listrik Berat, Ngecas Cuma 15 Menit
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 18 September 2024 13:00 WIB
CATL kembangkan baterai EV. (Foto: Autoblog)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - CATL merilis baterai Tectrans-T dalam ajang IAA Mobility di Jerman. Baterai ini khusus untuk truk listrik berat dengan kemampuan mengisi daya dari nol hingga 70 persen SoC dalam waktu 15 menit saja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman CarNewsChina hari ini, Rabu, 18 September 2024, baterai Tectrans-T memiliki masa pakai hingga 2,8 juta kilometer. Kemudian, pada tipe tertingginya, baterai ini menawarkan kapasitas 600 kWh.

Ada dua versi baterai Tectrans-T yang dirilis CATL, yakni Long Life Edition dan Superfast Charging Edition. Pada versi Long Life, baterai ini memiliki masa pakai hingga 2,8 juta kilometer dan 15 tahun.

Jangkauan maksimumnya adalah 500 km dan mendukung penggantian baterai berkat penggunaan sasis all-in-one CATL.

"Setelah teruji oleh waktu, produk ini menetapkan tolok ukur baru untuk ketahanan baterai truk tugas berat," kata Kepala Teknisi CATL Overseas Business Aleksej Krukov.

Sementara itu, untuk versi Superfast Charging Edition, baterai Tectrans-T ini mendukung pengisian daya 4C dan dapat mengisi ulang baterai hingga 70 persen SoC dalam waktu 15 menit.

Kapasitas baterainya 200 sampai 600 kWh dan jangkauan maksimumnya 500 km. Namun, masa pakainya lebih rendah, yakni 1,2 juta kilometer dan 8 tahun.

Di Eropa, CATL telah bermitra dengan produsen truk tugas berat, seperti Daimler Truck AG, Volkswagen Commercial Vehicles, dan Volvo A/B. Selain Tectrans-T, CATL juga merilis dua baterai lainnya, yakni Tectrans-L untuk kendaraan listrik komersial ringan dan Tectrans-B untuk bus listrik.

Pilihan Editor: 20 Mobil Listrik Terlaris di Agustus 2024, BYD Seal Teratas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi