Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor dengan Aman
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 18 September 2024 18:00 WIB
Ilustrasi Aki Mobil. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aki mobil yang tekor atau soak, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memancingnya kembali agar bisa digunakan. Proses ini biasa dikenal dengan istilah jumper aki mobil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jumper merupakan kondisi aki mobil yang tekor menerima arus listrik dari aki mobil lain yang masih berfungsi dengan baik. Biasanya jumper aki mobil dilakukan hanya memerlukan sepasang kabel jumper.

Namun, harus dipastikan kabel jumpernya terpasang dengan benar, baik kabel positif maupun kabel negatif. Pastikan juga tidak dalam kondisi karat untuk memastikan aliran listrik terhubung dengan kuat.

Berikut tips memancing aki mobil yang tekor dengan aman, dikutip dari laman Auto2000 hari ini, Selasa, 17 September 2024:

1. Cari Mobil yang Akinya Baik

Cari mobil yang akinya baik dan parkirkan kedua mobil dengan posisi yang memungkinkan kabel jumper mencapainya. Jika salah satu mobil mogok, pastikan posisi transmisi pada mobil tersebut dalam kondisi parkir (P) dan rem tangan sudah aktif.

2. Matikan Mobil

Sebelum melakukan jumper, pastikan kedua mobil dalam kondisi mati atau mesin mobil tidak menyala. Cabut semua perangkat elektronik yang sedang di-charge untuk menghindari gangguan pada aliran listrik.

3. Pasang Kabel Jumper

Pasang kabel jumper sesuai kutubnya. Sambungkan kabel berwarna merah (kabel positif) ke terminal positif (+) dari kedua aki, kemudian pasang kabel berwarna hitam (kabel negatif) ke terminal negatif (-). Pastikan koneksi kabel kuat dan aman untuk menghindari arus listrik yang tidak stabil dan potensi korsleting.

4. Mulai Alirkan Listrik

Setelah kabel terpasang benar, hidupkan mesin mobil pendonor. Biarkan mesin mobil menyala selama beberapa saat agar arus listrik aki mengalir ke aki yang tekor. Jika aki yang tekor sangat kosong, proses pengisian akan memakan waktu lebih lama.

Setelah beberapa saat, cobalah untuk menghidupkan mesin mobil yang akinya bermasalah. Pastikan bahwa proses jumper berjalan benar dan aki terisi ulang listriknya.

5. Lepaskan Kabel Jumper

Jika mesin mobil yang akinya bermasalah sudah berhasil menyala, lepaskan kabel jumper secara hati-hati dengan urutan yang berlawanan, yakni lepaskan kabel hitam (negatif) terlebih dahulu, lalu diikuti dengan kabel merah (positif). Pastikan semua kabel dilepas dengan aman untuk menghindari korsleting.

Pilihan Editor: 20 Mobil Listrik Terlaris di Agustus 2024, BYD Seal Teratas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi