Operasional IKN, Honda Fokus Pasarkan Mobil Hybrid Sebelum Gencarkan Mobil Listrik
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 19 September 2024 12:00 WIB
Gelaran Honda Auto Expo di Yogyakarta 17-22 September 2024. (Tempo/Pribadi Wicaksono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COMYogyakarta - Pemerintah telah menggaungkan agar kendaraan yang beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur adalah jenis jenis kendaraan yang mengusung konsep energi hijau atau ramah lingkungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kendaraan combustion atau mesin pembakaran rencananya tidak akan diijinkan beroperasi di IKN. Sebagai gantinya hanya kendaraan listrik dengan energi hijau saja yang boleh beroperasi.

Kalangan main dealer Honda di wilayah Jawa Tengah- Yogyakarta mengungkap, mobil listrik Honda baru akan dipasarkan pada 2025 mendatang di Indonesia. Sehingga jika Honda akan berpartisipasi mensuplai kebutuhan mobil listrik ke IKN, diperkirakan baru akan dilakukan tahun depan.

"Seperti unit Honda e:N1, itu rencananya baru masuk pada 2025 nanti ke Indonesia walaupun sudah diperkenalkan sejak GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show)  2024 lalu," kata Sumantri, selaku Sales and After Sales Director Main Dealer Honda Semarang Center di sela gelaran Honda Auto Expo 2024 di Yogyakarta Selasa 17 September 2024.

Sumantri menuturkan, dari Honda memastikan akan mengikuti segala regulasi pemerintah tentang ketentuan mobil listrik ini. Termasuk kebutuhan di IKN nanti.

"Namun memang saat ini, sebelum fokus pada pemasaran mobil listrik, kami fokus pada teknologi hybrid di sejumlah unit sebagai masa transisi dari BBM (bahan bakar minyak) ke listrik," kata dia.

Menurutnya, soal mobil listrik ini Honda benar benar menunggu momentum yang tepat, kapan pemasaran mulai digencarkan. Hal ini tak lepas dari regulasi yang mengatur hingga persoalan infrastruktur serta minat pasar dalam negeri.

"Ada berbagai pertimbangan kenapa baru pada 2025 fokus mobil listrik itu baru akan digarap Honda, sehingga saat ini fokusnya memang pada unit hybrid yang diperbanyak," kata dia.

Honda pada tahun ini diketahui meluncurkan varian hybrid di sejumlah modelnya. Seperti HRV, CRV, dan Accord yang mengusung teknologi e:HEV yang kinerja mesinnya didominasi tenaga dari electric motor.

Dalam ajang Honda Auto Expo 2024 yang digelar 17 hingga 22 September 2024 di Yogyakarta, untuk pertama kalinya Honda juga mengenalkan model Honda STEP WGN atau Step Wagon model terbaru. Model ini merupakan mobil Upper MPV berteknologi e:HEV dari Honda yang berkapasitas 8 penumpang.

Namun Sumantri belum membeberkan, kapan unit ini akan mulai dipasarkan ke publik tanah air.

"Honda Step Wagon ini menegaskan era elektrifikasi dari Honda di Indonesia semakin dekat," kata dia.

Selain itu, Honda juga menampilkan special display lainnya yaitu Honda City Hatchback RS milik tim Honda Racing Indonesia dan juga mobil sport andalannya yaitu Honda Civic Type R. 

Honda juga menampilkan lini mobil andalannya seperti New Honda BR -V N7X Edition, All New Honda CR -V, All New Honda HR -V, Honda WR-V, serta New Honda Brio Satya.

Pilihan Editor: Honda Bakal Kembali Tampil di IMX 2024, Siapkan Kontes Modifikasi Buat Komunitas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi