Penyebab Penjualan Honda Melesat di Yogyakarta Meskipun Didominasi Pelajar-Mahasiswa
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 19 September 2024 15:00 WIB
Gelaran Honda Auto Expo di Yogyakarta 17-22 September 2024. (Tempo/Pribadi Wicaksono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COMYogyakarta - Penjualan unit mobil Honda di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempati peringkat kedua tertinggi di area DIY-Jawa Tengah sepanjang Januari hingga Agustus 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski didominasi kelompok pelajar-mahasiswa, dalam periode itu, tercatat 1.515 unit mobil Honda bisa terjual di Yogyakarta dari total 6.600 unit yang berhasil terjual di area DIY-Jawa Tengah.

"Dengan kontribusi Yogyakarta itu, Honda menguasai sekitar 23 persen market share total antar brand, sedangkan untuk participating market share mencatatkan angka 32,2 persen selama Januari-Agustus 2024 ini," kata Sumantri, Sales and After Sales Director Main Dealer Honda Semarang Center dalam gelaran Honda Auto Expo di Yogyakarta Selasa 17 September 2024.

Sumantri mengungkap, tingginya penjualan Honda di Yogyakarta disebabkan karena selain menjadi Kota Pelajar-Mahasiswa, Yogyakarta juga menyandang predikat sebagai wilayah destinasi wisata utama.

"Tingginya kunjungan wisata di Yogyakarta memicu tumbuh suburnya usaha rental (persewaan mobil) di sini," kata dia. 

Para pengusaha rental itu, banyak membidik pasar wisatawan yang kerap kali membutuhkan kendaraan pribadi untuk operasional mereka selama berlibur di Yogyakarta. Terutama jenis hatchback perkotaan yang tak terlalu besar, irit bahan bakar minyak (BBM) dan bisa bergerak fleksibel menembus jalanan padat.

"Jadi paling banyak terjual di Yogyakarta ini jenis Brio Satya, itu kontribusinya 50 persen dari total penjualan," ujar Sumantri.

Unit Honda STEP WGN pertamakali dikenalkan kepada publik Jawa Tengah-Yogyakarta di ajang Honda Auto Expo 2024 di Pakuwon Mall Yogyakarta. (Tempo/Pribadi Wicaksono)

Sumantri mengatakan Honda Brio Satya masih menjadi passenger car terlaris di Yogyakarta dengan penjualan lebih dari 700 unit di periode Januari-Agustus 2024 ini.

Ia menambahkan, dengan pasar wisatawan yang stabil di Yogyakarta, pihaknya optimistis penjualan Honda hingga akhir 2024 bisa terus melesat dan memimpin pasar.

"Hingga akhir 2024, kami targetkan penjualan di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah bisa tembus di angka 11.000 unit," ujarnya.

Berbagai startegi pun mulai digencarkan untuk mencapai target itu mulai September ini. Salah satunya menggelar pameran seperti di Pakuwon Mall Yogyakarta mulai 17- 22 September 2024.

"Dalam pameran ini kami juga pertama kalinya mendatangkan unit Honda Step WGN yang merupakanmobil Upper MPV dengan teknologi e:HEV," kata dia.

Selain itu, dihadirkan juga unit Honda City Hatchback RS milik tim Honda Racing Indonesia, Honda Civic Type R, New Honda BR-V N7X Edition, All New Honda CR -V, All New Honda HR -V, Honda WR-V, dan New Honda Brio Satya.

Pilihan Editor: 10 Merek Mobil Terlaris Agustus 2024, BYD Merangsek ke Posisi 6

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi