Simak Penyebab Motor Tidak Bisa Hidup Menggunakan Kick Starter
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 20 September 2024 09:00 WIB
AHM Menghilangkan Kick starter pada All New Honda Vario 150
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kick starter atau metode engkol merupakan salah satu opsi untuk menghidupkan motor. Di era modern ini, tidak sedikit motor yang dilengkapi dengan dua cara untuk menghidupkan mesin, yakni electric starter dan kick starter.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kick starter ini sangat penting untuk digunakan ketika sistem electric starter tidak berfungsi. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan perawatan kick starter dan penggunanya perlu mengetahui penyebab motor susah dihidupkan menggunakan kick starter.

"Meski jarang digunakan, konsumen tetap perlu untuk memperhatikan komponen ini sehingga tetap dapat berfungsi dalam keadaan darurat sekalipun," kata Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (Wahana Honda) Wahyu Budhi, dikutip dari laman Wahana Honda hari ini, Jumat, 20 September 2024.

Berikut penyebab motor tidak bisa hidup menggunakan kick starter:

1. Sistem Pengapian Bermasalah

Sistem pengapian pada kendaraan bermotor perlu perhatian lebih pada bagian busi, kabel pengapian atau CDI, karena komponen tersebut memiliki tugas utama untuk menghasilkan api di ruang bakar.

2. Klep Motor Macet

Bila komponen bermasalah, klep tidak dapat terbuka atau menutup sempurna sehingga bahan bakar tidak mengalir dengan optimal ke ruang mesin.

3. Karburator Bermasalah

Karburator memiliki fungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar di ruang mesin. Apabila komponen tersebut kotor atau rusak, maka aliran bahan bakar akan terganggu.

4. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor akan menyebabkan campuran udara dan bahan bakar tidak optimal serta memengaruhi kualitas pembakaran di ruang mesin.

5. Aki Motor Lemah

Aki yang mengalami kendala akan membuat daya listrik tidak dapat mengalir dengan maksimal sehingga sepeda motor akan sulit dihidupkan.

Pilihan Editor: 20 Mobil Listrik Terlaris di Agustus 2024, BYD Seal Teratas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi