Ini Aturan Wajib Bagi Komunitas Motor Menikmati Jogja Bike Rendezvous 2024
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 21 September 2024 09:00 WIB
Para komunitas motor kembali diundanng untuk meramaikan Jogja Bike Rendezvous (JBR) 2024. (Foto: Tempo/Pribadi Wicaksono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COMYogyakarta - Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersiap mengadakan hajatan legendaris Jogja Bike Rendezvous (JBR) 2024 yang dipusatkan di Jogja Expo Center (JEC) 27-28 September mendatang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Event dua tahunan yang selalu dinantikan para pecinta motor besar di Tanah Air itu menargetkan setidaknya 3.000 biker atau pengendara motor besar turut berpartisipasi.

"Rencananya selain dihadiri perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia, acara ini juga akan dihadiri biker asal Brunei Darusallam dan Malaysia, mereka konfirmasi akan ikut serta meramaikan," kata Ketua Pengurus Daerah HDCI DIY Santoso Rohmad, pada hari Jumat, 20 September 2024.

Santoso menuturkan, JBR yang tahun ini memasuki gelaran ke-12 mengusung tema Back To The Soul.  Tema tersebut sebagai refleksi harapan masyarakat Indonesia untuk kembali pada nilai-nilai luhur dan semangat kebersamaan.

Sebagai perwujudan semangat dalam tema tersebut, pihak HDCI DIY membuat sejumlah aturan khusus. Agar acara berjalan lancar, tertib, dan memberikan dampak positif terutama wisata Yogyakarta.

"Lewat ajang ini, pengendara motor besar yang kerap dicap arogan diajak membangun kembali kultur santun dan berbudaya, tertib lalu lintas, dan menebarkan jiwa sosial dalam komunitas besar," kata dia.

Para biker atau pengendara yang mau datang ke ajang ini pun telah diimbau dipecah-pecah dalam kelompok kecil agar tak memadati jalan dan memicu kemacetan.

"Selain itu kami menerapkan dalam ajang ini peserta harus mentaati aturan yakni no strobo, no sirine dan no accident, saat masuk Yogya tidak ada aktivitas rolling thunder (keliling kota)," kata dia.

Jogja Bike Rendezvous sendiri telah menjadi salah satu event motor terbesar di Indonesia dan selalu dinantikan oleh para bikers.

JBR 2024 akan menghadirkan sejumlah kegiatan utama. Selain menjadi ajang pertemuan ribuan bikers dari seluruh Indonesia, juga ada beragam kegiatan yang terbuka bagi masyarakat.

Pengunjung dapat menikmati pertunjukan musik, pameran UMKM, dan berbagai kegiatan sosial.

Ketua Panitia JBR 2024, Pungky mengatakan event ini akan menjadi ajang untuk mempromosikan potensi wisata Yogyakarta dan mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah. Sedianya, melibatkan puluhan stand UMKM lokal. Bakal ada pula layanan kesehatan bagi publik secara gratis.

"Pengunjung dapat mendapatkan pelayanan untuk donor darah dari Meddocs Jogja dan RSA UGM. Selain itu, disediakan juga pemeriksaan gigi yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi UGM," kata dia.

Pungky menambahkan JBR 2024 juga akan menggelar bakti sosial yang berkolaborasi bersama Bikers Subuhan Jogja (BSJ) dan HDCI Jakarta Timur dengan membagikan 1.000 Al-Quran untuk anak yatim di pondok pesantren wilayah Yogyakarta.

"Kami berharap JBR 2024 dapat menjadi momentum untuk mempererat persaudaraan, mempromosikan potensi wisata Yogyakarta, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat," kata dia.

Pilihan Editor: Honda Spacy Reborn Tampil Retro, Harga Mulai Rp 18 Jutaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi