AS Usulkan Larangan Software dan Hardware Buatan Cina di Mobil
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 23 September 2024 09:40 WIB
Pengunjung melihat mobil listrik Xiaomi SU7 yang ditampilkan di Pameran Otomotif Internasional Beijing, atau Auto China 2024, di Beijing, Cina, 25 April 2024. Xiaomi SU7 ditenagai dengan Qilin Batttery dari Contemporary Amperex Technologi (CATL) yang bisa menyimpan daya 73,6 kWh. REUTERS/Tingshu Wang
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) mengusulkan pelarangan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) buatan Cina pada kendaraan yang beroperasi di AS. Hal itu dilakukan untuk menghindari masalah keamanan nasional.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Reuters, Pemerintah Biden telah menyuarakan kekhawatiran serius mengenai pengumpulan data oleh perusahaan-perusahaan Cina mengenai pengemudi dan infrastruktur AS, serta potensi manipulasi asing terhadap kendaraan yang terhubung dengan internet dan sistem navigasi.

Peraturan baru yang diusulkan ini akan melarang impor dan penjualan kendaraan dari Cina dengan perangkat lunak dan perangkat keras komunikasi utama atau sistem pengemudian otomatis.

Langkah ini merupakan peningkatan signifikan dalam pembatasan yang sedang dilakukan AS terhadap kendaraan, perangkat lunak, dan komponen buatan Tiongkok.

Pekan lalu, pemerintahan Joe Biden memberlakukan kenaikan tarif yang tinggi terhadap impor Tiongkok, termasuk bea masuk 100 persen terhadap kendaraan listrik serta kenaikan baru terhadap baterai kendaraan listrik dan mineral utama.

Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo mengatakan bahwa risiko perangkat lunak atau perangkat keras Cina pada kendaraan AS yang terhubung sangatlah signifikan.

"Anda dapat membayangkan hasil yang paling buruk secara teoritis jika Anda memiliki beberapa juta mobil di jalan dan perangkat lunaknya dinonaktifkan," ujarnya.

Presiden AS Joe Biden telah memerintahkan penyelidikan terkait risiko keamanan nasional atas teknologi yang terhubung dari impor kendaraan Cina. Penyelidikan juga dilakukan untuk mengetahui apakah perangkat lunak dan perangkat keras itu harus dilarang di semua kendaraan di jalan raya AS.

"Kebijakan Cina dapat membanjiri pasar kita dengan kendaraannya, yang menimbulkan risiko bagi keamanan nasional kita. Saya tidak akan membiarkan hal itu terjadi selama saya menjabat," ujar Biden.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Emilia Romagna: Bagnaia Juara, Marc Marquez Nyaris Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi