Kata Bos Ford Setelah Jajal EV Cina: Mereka lebih Unggul dari Kita
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 23 September 2024 10:00 WIB
Logo Ford yang terdapat di grille Ford Ranger. (REUTERS/Rick Wilking/Files)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - CEO Ford Jim Farley dan CFO Ford John Lawler menguji coba SUV Changan saat mengevaluasi pesaing dari Cina tahun lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Petinggi Ford ini terkejut setelah menjajal mobil listrik Cina dan mengatakan bahwa Tiongkok mengalami perkembangan yang pesat di pasar EV (electric vehicle).

Melansir laman Carscoops hari ini, Senin, 23 September 2024, Ford telah hadir cukup kuat di Tiongkok selama bertahun-tahun. Kemudian, pada tahun lalu, Farley dan Lawler terbang ke negara tersebut untuk mencoba SUV listrik dari Changan Automobile.

Farley mengemudikan langsung SUV tersebut, dan Lawler berada di kursi penumpang. Keduanya sangat terkesan dengan apa yang mereka temukan pada mobil Cina tersebut.

"Jim, ini tidak seperti sebelumnya. Mereka lebih maju dari kita," kata Lawler kepada Jim Farley. Bahkan, Farley mengungkapkan kepada anggota dewan Ford, "Ini adalah ancaman eksistensial."

Sebenarnya, tarif untuk kendaraan listrik buatan Cina bisa membantu melindungi Ford dari persaingan yang muncul. Namun, meskipun mengetahui bagusnya mobil Cina, Ford masih berhati-hati dalam melakukan ekspansi ke industri mobil listrik.

Pada awal Juli 2024, Farley mengatakan bahwa Ford akan meluncurkan mobil listrik seharga 30.000 dolar atau sekitar Rp 450 juta pada awal 2027. Kendaraan yang lebih kecil ini telah dirancang untuk bersaing dengan alternatif menarik dari Tiongkok dan akan menguntungkan bagi merek tersebut.

Namun, pada pekan ketiga bulan Juli, Ford mengungkapkan bahwa rencana untuk sepenuhnya beralih ke kendaraan listrik di Eropa pada 2030 tidak lagi memungkinkan, dan akan terus menjual kendaraan bermesin bakar murni, hybrid, dan BEV di pasar.

Menjelang Agustus, Ford membatalkan rencana untuk memproduksi SUV listrik tiga baris yang seharusnya mulai diproduksi pada 2025. Peluncuran truk listrik berukuran besar juga telah ditunda dari 2025 sampai 2027.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Emilia Romagna: Bagnaia Juara, Marc Marquez Nyaris Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi