Kenali 5 Ciri Kopling Mobil Rusak, Muncul Bau Hangus
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 23 September 2024 15:00 WIB
Persneling mobil Audi RS 5 Coupe dipamerkan dalam pameran otomotif GIIAS 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, 4 Agustus 2018. Audi RS 5 Coupe menggunakan penyalur daya kopling ganda 8-speed tiptronic yang sangat responsif. TEMPO/M Taufan Rengganis
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kopling mobil menjadi salah satu komponen yang punya fungsi penting, terutama pada mobil manual. Sistem kopling sangat memengaruhi kelancaran laju mobil saat di jalan. Apabila sistem ini bermasalah, maka laju kendaraan bisa terganggu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun fungsi utama dari kopling adalah menghubungkan serta memutuskan putaran mesin ke bagian transmisi. Supaya dapat berfungsi dengan maksimal, tentu harus merawat kopling dengan baik seperti mengganti kampas secara rutin. 

Kopling kendaraan terdiri dari beberapa komponen seperti cover clutch, flywheel, dan lainnya. Jika laju mobil Anda tiba-tiba tidak lancar, bisa jadi terdapat masalah pada komponen kopling seperti kampas kopling tipis.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi masalah pada kopling. Dilansir dari Suzuki.co.id berikut cara mendeteksi kerusakan pada kopling:

1. Akselerasi Mobil Lemah

Kopling yang rusak bisa ditandai dengan akselerasi mobil yang berubah menjadi lemah atau tidak bertenaga. Atau meski sudah memasukkan gigi dan kopling dalam kondisi terangkat, mobil tetap tidak mau berjalan. Kondisi tersebut bisa membuat mobil kesulitan ketika melewati jalanan yang menanjak. 

2. Pedal Kopling Terasa Keras atau Terlalu Longgar

Berikutnya pedal kopling terasa sangat keras atau sangat longgar ketika ditekan. Pedal bisa langsung turun ke bawah tanpa Anda menginjak pedal dengan keras. Pedal yang terasa longgar saat ditekan bisa menandakan jika kopling bermasalah atau sudah aus.

3. Terdengar Suara Aneh

Tanda selanjutnya yaitu terdengar suara yang tidak biasa seperti suara berderit, atau suara aneh lainnya, ketika Anda memindahkan transmisi atau ketika mengangkat pedal. 

Selain itu, apabila Anda mendengar suara bising, bahkan ketika tidak menekan pedal kopling, maka bisa jadi terdapat masalah serius pada bearing.

4. Muncul Bau Hangus

Tidak hanya munculnya suara aneh, apabila Anda mencium bau seperti hangus atau terbakar juga bisa menjadi tanda jika kopling kendaraan Anda bermasalah. Bau terbakar bisa muncul ketika kopling yang bermasalah bergesekan dengan gigi.

5. Tidak Mau Pindah Gigi

Gejala selanjutnya yaitu kendaraan tidak mau pindah gigi dan sering keluar gigi saat Anda berkendara. Selain dengan memperhatikan beberapa gejala kopling rusak di atas, pengemudi juga bisa mendeteksi kerusakan pada kopling dengan cara memeriksanya.

Pertama, nyalakan mobil kemudian posisikan rem tangan dalam kondisi mengunci. Kemudian bisa mencoba memasukkan gigi satu dan menekan kompresi secara perlahan. Berikutnya bisa melepas, menginjak rem dan gas menggunakan kaki kanan secara bersamaan.

Terakhir bisa melepaskan tekanan pada rem dan gas secara perlahan. Apabila mesin mobil masih tetap menyala, bisa jadi kampas kopling sudah menipis dan perlu diganti.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Emilia Romagna: Bagnaia Juara, Marc Marquez Nyaris Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi