Simak Cara Kerja dan 5 Fungsi Rem ABS pada Mobil
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 25 September 2024 07:00 WIB
Land Rover Defender 90 juga dibekali fitur elektronik on-board seperti stability control dan ABS. Fitur-fitur tersebut sudah dimodifikasi untuk keperluan kompetisi. Kemudian bagian bawah bodi mobil SUV ini dipasaingi pelat selip alumunium tebal. topgear.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Rem ABS atau Anti-lock Braking System merupakan sistem pengereman canggih yang mencegah roda kendaraan terkunci saat terjadi pengereman mendadak. Sistem ini memungkinkan pengemudi untuk tetap dapat mengendalikan kemudi selama pengereman, khususnya dalam situasi darurat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

ABS bekerja dengan cara mengatur tekanan pengereman secara otomatis pada setiap roda. Kemudian, mencegah selip yang bisa menyebabkan kendaraan tergelincir atau kehilangan kendali.

Teknologi ABS pertama kali diperkenalkan dalam dunia penerbangan pada 1950-an dan kemudian diadopsi oleh industri otomotif pada 1970-an. Kini, ABS sudah menjadi fitur standar pada hampir semua mobil modern.

Berikut fungsi rem ABS pada mobil, dilansir dari laman Suzuki Indonesia pada hari ini, Rabu, 25 September 2024:

1. Mencegah Roda Terkunci

Fungsi utama ABS adalah mencegah roda kendaraan terkunci saat pengemudi menginjak pedal rem dengan keras. Roda yang terkunci menyebabkan hilangnya traksi dan kontrol kemudi, sehingga kendaraan bisa tergelincir atau meluncur tak terkendali.

2. Menjaga Kendali Kemudi

ABS juga memungkinkan pengemudi untuk tetap bisa mengendalikan kemudi selama pengereman mendadak. Hal ini sangat penting untuk menghindari objek di jalan atau melakukan manuver darurat demi menghindari kecelakaan.

3. Mengurangi Jarak Pengereman

Sistem ini juga membantu mengoptimalkan daya cengkeram ban pada permukaan jalan. Di jalan yang basah atau licin, ABS dapat membantu menghentikan kendaraan lebih cepat dan aman.

4. Meningkat Kestabilan Kendaraan

ABS menjaga kendaraan tetap stabil selama pengereman keras, terutama saat menikung atau dalam kondisi jalan yang tidak rata. Sistem ABS membantu mencegah kendaraan tergelincir ke samping atau berpputar saat pengereman.

5. Memberikan Rasa Aman Bagi Pengemudi

ABS juga memberikan tambahan kontrol dan stabilitas saat berkendara. Dengan ABS, risiko kecelakaan akibat pengereman mendadak dapat diminimalisir.

Pilihan Editor: Auto2000 Bicara Kondisi Penjualan Mobil yang Tengah Lesu, Mobil Mewah Justru Naik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi