Yamaha Siapkan Mesin V4 Terbaru untuk Motor MotoGP
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 25 September 2024 13:00 WIB
Fabio Quartararo di MotoGP Prancis 2024 gunakan helm, sarung tangan dan sepatu bertema khusus. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Yamaha tengah mengerjakan mesin V4 terbaru untuk menggantikan motor crossplane mereka di MotoGP. Tim pabrikan asal Jepang ini akan mengganti mesin tersebut sesegera mungkin, bahkan sebelum aturan terbaru MotoGP berlaku pada 2027.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Proyek ini sesuai jadwal. Mesinnya dirancang, mesinnya sudah diuji. Kami belum mencobanya di motor, ini belum waktu yang tepat untuk itu, tetapi kami sedang sibuk mengembangkan dan mendesain," kata Kepala Tim Yamaha Lin Jarvis, dikutip dari Rideapart hari ini, Rabu, 25 September 2024.

Jarvis mengungkapkan bahwa setelah mesin tersebut sukses melakukan uji ketahanan, barulah mesin tersebut akan diuji di lintasan balap. Jarvis juga mengungkapkan alasan mengapa Yamaha mengembangkan mesin V4 ini.

"Ketika semua pesaing menggunakan V4 dan saat kami melihat regulasi 2027, penting bagi kami untuk sepenuhnya memahami potensi V4 dibandingkan dengan mesin empat silinder segaris. Jadi, berdasarkan itu, beberapa waktu lalu kami mengambil keputusan untuk memulai proyek tersebut," ujarnya menjelaskan.

Yamaha menegaskan tidak akan menunggu hingga aturan MotoGP terbaru dirilis pada 2027, untuk memperkenalkan mesin V4. Mesin tersebut diperkirakan akan digunakan pada pertengahan 2025, yang berarti motor MotoGP Yamaha dengan mesin V4 akan terlihat di grid MotoGP untuk musim 2026.

Menurut Jarvis, hal itu dilakukan untuk membantu tim menentukan kelebihan dan kekurangan arsitektur baru. Jadi, V4 ini kemungkinan besar akan menjadi mesin yang akan digunakan Yamaha pada 2027 dan seterusnya.

Pilihan Editor: Sirkuit Mandalika Diprediksi Akan Basah, Tiket Baru Laku 45 Persen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi