Jakarta-Semarang Naik Kona Electric Tanpa Ngecas, Berapa Konsumsi Dayanya?
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 26 September 2024 09:00 WIB
Hyundai Kona Electric dalam perjalanan Jakarta-Semarang. (Gooto/Dicky Kurniawan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Redaksi Gooto berkesempatan melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Semarang menggunakan mobil listrik All New Hyundai Kona Electric. Dalam perjalanan ini, kami menguji daya jangkau dari baterai Kona Electric dengan tidak melakukan pengisian daya atau ngecas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Unit yang kami gunakan adalah All New Kona Electric tipe Signature Long. Di atas kertas, tipe tertinggi ini menggunakan baterai berkapasitas 66 kWh, yang bisa diajak berkendara hingga jarak maksimal 549 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Perjalanan dimulai dari wilayah Bekasi dengan kondisi baterai 99 persen, yang mana di informasi layar MID, kapasitas segitu bisa untuk menempuh jarak 489 kilometer. Dalam perjalanan, jalur yang dilalui dominan jalan bebas hambatan atau jalan tol dengan kondisi lalu lintas yang lancar.

Kami sempat berhenti untuk beristirahat sebanyak dua kali, tepatnya di Rest Area KM 207 A Palikanci dan Rest Area KM 379 A Batang. Kami keluar di Exit Tol Krapyak dan di jalan raya, kondisi lalu lintas sedikit macet dan ramai.

Setelah keluar tol, baterai yang tersisa adalah 17 persen dengan jarak tempuh tersisa sekitar 65 persen. Kemudian, ketika sampai di hotel yang berlokasi di Simpang Lima, baterai yang tersisa adalah 12 persen dan total jarak tempuh tersisa 52 persen.

Hingga tujuan akhir, informasi yang tertera di layar MID mencatatkan jarak tempuh sepanjang 413 km dengan jarak tempuh sekitar 9 jam. Adapun, konsumsi daya yang kami catatkan adalah 7,4 kilometer per kWh.

Sebagai catatan, konsumsi daya yang didapat mungkin akan berbeda-beda setiap pengemudi. Seperti diketahui, konsumsi daya ini dipengaruhi oleh gaya mengemudi, kondisi lalu lintas, dan beban dari mobil itu sendiri. 

Pilihan Editor: Sirkuit Mandalika Diprediksi Akan Basah, Tiket Baru Laku 45 Persen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi