Lady Biker Jangan Asal Gas Motor, Berikut Tips Berkendara bagi Wanita
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 26 September 2024 16:00 WIB
Ilustrasu lady biker.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pengendara motor, khususnya wanita atau lady biker, harus memahami unsur-unsur penting keselamatan berkendara untuk mengurangi angka kecelakaan. Keselamatan berkendara harus selalu diutamakan meski hanya menempuh jarak pendek.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Demi mengurangi angka kecelakaan, pengendara wanita harus memahami betul keselamatan berkendara, termasuk medan jalan yang akan dilewati. Terlebih lagi di era saat ini lady bikers mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Sehingga untuk dapat mengurangi angka kecelakaan, pengendara sepeda motor harus mengutamakan keselamatan berkendara dan mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku agar tetap aman.

“Pengendara pria dan wanita memiliki cara berkendara yang berbeda, sehingga untuk menghindari terjadinya kecelakaan diperlukan pemahaman lebih mengenai keselamatan berkendara. Untuk dapat berkendara dengan aman, pengendara wanita juga diharapkan dapat menghormati pengendara lain,” kata Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) dalam keterangan resminya.

Pengendara wanita juga disarankan agar selalu membawa barang bawaan yang tidak terlalu banyak agar tidak menimbulkan kendala ketika mengerem dan berbelok. Barang bawaan disarankan dapat disimpan di bagasi atau kompartement yang tersedia.

Selain itu, tidak mengoperasikan handphone atau smartphone ketika berkendara karena akan menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan di jalan raya. Atribut keselamatan, seperti helm, tetap wajib digunakan meski hanya menempuh jarak pendek.

“Dengan memperhatikan aspek keselamatan untuk diri sendiri terlebih dahulu dapat mengurangi potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Kemudian perlu untuk menghormati pengguna jalan lain dan tidak egois agar selalu aman,” tutup Agus Sani.

Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menekankan ada dasar-dasar yang perlu diperhatikan saat berada di jalan bagi pengendara wanita. Berikut ulasannya:

1. Menghidupkan Lampu Sein Sebelum Berbelok

Lampu sein memiliki fungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lain di belakang. Sehingga sebelum berbelok, pengendara wajib untuk menghidupkan lampu sein ke arah yang mau dituju.

2. Melihat Spion dan Menjaga Kecepatan Ketika Berbelok

Dengan memperhatikan spion terlebih dahulu akan memastikan keselamatan ketika berbelok. Selain itu, kecepatan sepeda motor juga perlu diperhatikan untuk menghindari kecelakaan akibat blind spot maupun ban selip.

3. Tidak Melanggar Lampu Merah

Pengendara sepeda motor wajib untuk mematuhi lampu merah dan tidak melanggar meski dalam kondisi terdesak.

4. Tidak Berada Dekat dengan Kendaraan Besar seperti Bus dan Truk

Kendaraan dengan dimensi besar dipastikan memiliki blind spot yang sangat besar dan tidak sedikit pengemudi bus atau truk tidak dapat melihat sepeda motor di sekitar kendaraan.

5. Selalu Tenang Saat di Atas Motor

Tidak melulu soal teknis, soal psikologis juga harus jadi perhatian. Para pengendara Wanita dalam kondisi apapun disarankan tetap tenang, tidak dalam keadaan emosi dan gegabah ambil keputusan.

Pilihan Editor: Sirkuit Mandalika Diprediksi Akan Basah, Tiket Baru Laku 45 Persen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi