Baterai Kona Electric di Bawah 20 Persen, Fitur Ini Bakal Mati
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 27 September 2024 10:00 WIB
Hyundai Kona Electric. (Gooto/Dicky Kurniawan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Rizky Fauzi Supandi mengatakan bahwa ketika baterai All New Hyundai Kona Electric berada di bawah 20 persen, bakal ada fitur yang non-aktif secara otomatis. Fitur tersebut adalah V2L atau Vehicle-to-Load.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"V2L yang berhenti berfungsi ketika baterai di bawah 20 persen itu karena mobil membaca situasi di mana listrik dibutuhkan untuk yang lebih penting, yaitu untuk melaju," kata Rizky saat ditemui di Semarang, Kamis, 26 September 2024.

"Jadi, ketika ada kebutuhan listrik lain seperti V2L, dia akan secara otomatis akan memutus (aliran listrik)," ujarnya menambahkan.

Selain V2L, Rizky memastikan bahwa tidak ada fitur lain yang non-aktif saat baterai Kona Electric berada di bawah 20 persen. Namun, dalam kondisi baterai di bawah 20 persen, pengemudi perlu melakukan efisiensi penggunaan daya.

"Mungkin di dalam situasi seperti itu, akan lebih baik kalau kita menghemat penggunaan baterai, seperti menggunakan mode berkendara Eco," ucap Rizky.

Untuk diketahui, Vehicle-to-Load merupakan fitur yang memiliki pasokan arus listrik dengan tipe AC dan dapat digunakan untuk mengisi daya peralatan elektronik. V2L ini menggunakan arus listrik yang diperoleh dari dua sumber yang dipakai secara bersamaan sehingga menghasilkan daya listrik.

Pada Kona Electric, V2L ini terdapat pada kabin mobil di baris kursi nomor dua. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan pada port yang terdapat di bagian depan mobil.

V2L ini akan otomatis menyalurkan daya listrik yang diperoleh dari port mobil sehingga dapat melakukan pengisian atau penambahan daya pada perangkat elektronik yang tersambung. Daya listrik V2L pada mobil dapat diperoleh dari port di bagian luar dan bagian dalam mobil.

Ketika mobil dalam keadaan berhenti, maka V2L dapat digunakan pada port bagian luar. Sedangkan ketika mobil dalam keadaan berjalan, V2L bisa digunakan pada port di bagian dalam kabin.

Pilihan Editor: Sirkuit Mandalika Diprediksi Akan Basah, Tiket Baru Laku 45 Persen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi