Jajal Seres E1 di Jalan Perkotaan, Segini Konsumsi Daya Baterainya
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 29 September 2024 08:00 WIB
Seres E1. (Gooto/Rafif Rahedian)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Redaksi Gooto berkesempatan menjajal mobil listrik Seres E1 pada Jumat, 27 September 2024. Kami mencoba mobil listrik mungil ini di jalanan perkotaan, dari wilayah Jakarta Selatan menuju Pantai Indah Kapuk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Unit yang kami gunakan adalah Seres E1 Type-L, yang dibekali baterai berkapasitas 16,8 kWh dan bisa menempuh jarak hingga 220 km dalam sekali pengisian daya. Varian ini merupakan yang tertinggi dari mobil listrik mungil tersebut.

Kami memulai perjalanan dari dealer DFSK, yang berlokasi di Pondok Indah, Jl. Sultan Iskandar Muda No.81. Dari sana, kami pergi menuju wilayah Indonesian Design District, Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2), Jakarta Utara. Terhitung, kami melibas jalanan perkotaan sekitar 31 km.

Selama perjalanan itu, mobil listrik Seres E1 hanya berkurang sekitar 10 persen. Namun saat melakukan perjalanan kembali ke wilayah Jakarta Selatan, konsumsi daya baterainya cukup banyak tersedot. 

Dari kondisi baterai 79 persen, kami mengakhiri perjalanan di area Senopati (jaraknya 31 km) dengan sisa daya 56 persen. Hal itu dikarenakan kondisi jalanan yang sudah mulai padat atau macet. Selain itu, gaya berkendara juga menjadi pengaruh dalam menghabiskan daya baterai.

Saat mengemudikan Seres E1, kami merasa cukup nyaman di balik kemudi. Tubuhnya yang mungil, membuat visibilitas pengemudi (tinggi badan 175-an cm) menjadi lebih baik di segala medan. Dengkul pun tidak mentok dengan dashboard depan.

Saat dipacu di jalan tol, akselerasinya mulus dan cukup bertenaga. Namun sayangnya, kami tidak mencoba berakselerasi lebih dari 80 km/jam. Mengingat, sepanjang perjalanan kami hanya menggunakan Mode Eco.

Handlingnya juga cukup baik dan enteng saat dibawa bermanuver ringan di jalanan rata. Dengan percobaan yang kami lakukan ini, dapat disimpulkan bahwa Seres E1 cocok untuk dipakai di jalanan perkotaan. 

Apalagi mobil listrik ini memiliki dimensi yang mungil, sehingga bisa dengan mudah melewati jalanan sempit atau gang-gang yang identik dengan Kota Jakarta. Selain itu, tubuh kecilnya juga memudahkan pengemudi meliak-liuk di kemacetan.

Secara tampilan, Seres E1 cukup menarik dengan LED DRL yang memanjang, desain roofrail, hingga lampu rem di posisi atas. Lagi di bagian interiornya, mobil listrik ini menawarkan new design E-Shift Selector. Jadi, pengemudi hanya menaik-turunkan E-Shift Selector untuk memindahkan transmisi.

Mobil listrik ini mungil ini juga dibekali fitur keselamatam, seperti kamera mundur, hill cold control, electric stability control, Anti-lock braking (ABS), Electropic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Bicara harga, Seres E1 dijual dengan banderol Rp 189 juta (OTR Jabodetabek). Setiap pembeli bakal mendapatkan garansi baterai selama 8 tahun dan garansi kendaraan 3 tahun.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Mandalika: Bagnaia Juara, Marc Marquez Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi