Sandiaga Uno Pastikan MotoGP Mandalika Berlangsung sampai 2027
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 29 September 2024 10:00 WIB
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (tengah) berpose usai memberikan tropi juara juara kedua pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales (kiri) disaksikan Francesco Bagnaia seusai balapan MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad, 15 Oktober 2023. Francesco Bagnaia menjuarai MotoGP Mandalika setelah menyelesaikan 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293. ANTARA/Wahyu Putro A
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan bahwa penyelenggaraan MotoGP Mandalika bakal berlangsung hingga 2027. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Sudah berulang kali kami sampaikan MotoGP ini akan berlanjut. Komitmen dan kemitraan pemerintah bersama BUMN InJourney dan Dorna Sport akan terus, jadi MotoGP 2025, 2026, 2027 akan berlanjut," kata Sandiaga, dikutip dari situs berita Antara.

Sandiaga menuturkan bahwa atas keberlanjutan MotoGP Mandalika ini, pemerintah mengharapkan ada dukungan besar dari masyarakat Indonesia untuk menyukseskan balapan internasional ini.

Sebab, MotoGP ini diklaim mampu memberikan peningkatan ekonomi dan kunjungan wisatawan yang cukup besar bagi Indonesia, termasuk untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami harapkan masyarakat terus mendukung dengan melihat jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Indonesia dan NTB," ujarnya.

Sandiaga juga mengatakan bahwa kehadiran MotoGP ini bisa menciptakan lapangan kerja 2.000 hingga 3.000 orang per sekali kegiatan berlangsung. Bahkan di tahun pertama penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Sandi mengklaim bisa memberikan dampak ekonomi hingga Rp  8 triliun.

"Dan, tahun lalu total peningkatan ekonominya mencapai 1 persen. Berarti, ajang ini layak untuk diteruskan dari segi skala ekonomi," ucapnya.

Terkait hosting fee yang harus dibayarkan kepada Dorna Sport sebesar Rp 231 miliar, Sandiaga menjelaskan bahwa biaya itu tidak ada masalah. Sebab, dia menegaskan bahwa semua biaya hosting fee tersebut sudah dibayarkan.

"Untuk hosting fee semua sudah selesai, sudah ditandatangani kerja samanya, jadi sudah tidak ada masalah," kata Sandi memungkasi.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Mandalika: Bagnaia Juara, Marc Marquez Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi