Ciri-ciri Oli Gardan Motor Matik Habis, Muncul Bau Menyengat
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 30 September 2024 12:00 WIB
Ilustrasi oli motor. FOTO: AHM
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Oli gardan berfungsi melaipisi area transmisi atau CVT (Continuosly Variable Transmission), seperti gear dan bearing. Perawatan oli gardan terkadang tidak diperhatikan oleh pemilik motor matik, padahal pelumas ini mencegah keausan dan korosi pada komponen gardan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penggantian oli gardan biasanya dilakukan setiap 10.000 sampai 20.000 kilometer atau satu tahun sekali. Jika oli gardan tidak diganti, maka dapat menimbulkan kerusakan komponen akibat gesekan, yang membuat motor cepat rusak.

Berikut ciri-ciri jika oli gardan motor matik habis, dilansir dari laman Wahana Honda hari ini, Senin, 30 September 2024:

1. Muncul Bau Menyengat

Jika saat motor dinyalakan, muncul bau menyengat seperti gosong, itu menandakan bahwa oli gardan harus diganti karena sudah terlalu kotor. Bau ini disebabkan oleh panas berlebih atau kotoran yang mengendap di dalam CVT.

2. Suara Kasar

Motor yang mengeluarkan suara kasar atau bising seperti berdecit adalah tanda bahwa oli gardan harus diganti. Suara berdecit ini menandakan pelumasan tidak lagi berjalan sempurna. Oli gardan sudah mulai encer, sehingga gesekan antar komponen di CVT menghasilkan suara berlebih dan mengganggu.

3. Warna Oli Hitam

Perubahan warna oli juga menjadi pertanda. Oli yang sehat memiliki warna kuning keemasan atau cokelat muda. Jika warna oli berubah menjadi hitam, ini menandakan oli terkontaminasi partikel yang mengendap di dalamnya.

4. Perubahan Konsistensi Oli 

Oli yang kualitasnya menurun akan mengalami perubahan konsistensi. Cara mudah mengetahuinya adalah dengan memasukkan obeng ukuran 15 cm ke bagian belakang CVT.

Pastikan obeng dalam keadaan kering, lalu cek kondisi oli yang menempel. Jika oli encer, berbusa, dan ada endapan kerak, itu berarti oli harus diganti karena sudah aus dan tercampur kotoran.

5. Overheat

Jika oli gardan habis, motor akan mengalami overheat. Tanda-tandanya meliputi suhu mesin panas, motor tidak bisa menyala, knalpot mengeluarkan bau menyengat, dan mesin motor mendadak mati. Segera ganti oli gardan di bengkel terdekat.

6. Kehilangan Tenaga

Ketika oli gardan habis atau aus, performa motor akan menurun. Tarikan gas menjadi berat dan motor kehilangan tenaga terutama di jalan menanjak.

Pilihan Editor: Mario Aji Kecelakaan di Sesi Latihan Terakhir Moto2 Mandalika 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi