Imbas Larangan Terhadap Mobil Cina, Penjualan di AS Turun
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 30 September 2024 20:00 WIB
Mobil listrik Cina, BYD Dolphin. (Foto: BYD)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Departemen Perdagangan Amerika Serikat mengatakan bahwa penjualan mobil di sana bisa turun hingga 25.841 unit per tahunnya. Hal itu disebabkan harga yang berpotensi naik akibat larangan terhadap kendaraan dan perangkat keras serta perangkat lunak buatan Cina.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman Reuters hari ini, Senin, 30 September 2024, produsen mobil AS dan produsen mobil lain mengatakan bahwa harga yang relatif lebih tinggi membuat mereka semakin kurang kompetitif di pasar global. Diperkirakan antara 1.680 hingga 25.841 unit kendaraan lebih sedikit terjual setiap tahunnya karena aturan larangan mobil Cina ini.

Departemen Perdagangan AS mengungkapkan bahwa aturan larangan ini diperkirakan berlaku untuk kendaraan senilai $ 1,5 miliar hingga $ 2,3 miliar dari perusahaan Cina atau Rusia yang dijual di AS. Aturan ini juga berlaku untuk larangan terhadap perangkat lunak dan perangkat keras buatan Tiongkok. 

Departemen Perdagangan AS mengusulkan agar pelarangan perangkat lunak diberlakukan pada tahun model 2027, sementara pelarangan perangkat keras berlaku pada tahun model 2030 atau Januari 2029. Publik memiliki waktu 30 hari untuk memberikan komentar sebelum peraturan tersebut dapat difinalisasi.

Pemberlakukan aturan ini disebut untuk mengurangi dampak serangan dahsyat karena pencurian data dan manipulasi jarak jauh terhadap kendaraan yang terhubung. Beberapa pabrikan seperti General Motors dan Ford harus menghentikan impor kendaraan ke AS dari Cina, sesuai dengan aturan tersebut.

Pilihan Editor: Mario Aji Kecelakaan di Sesi Latihan Terakhir Moto2 Mandalika 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi