Terungkap Penyebab Terbakarnya Motor Marc Marquez di MotoGP Mandalika 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 30 September 2024 16:00 WIB
Motor Marc Marquez terbakar di MotoGP Mandalika 2024. (Dok MotoGP)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Tim Gresini Ducati, Marc Marquez gagal finis di balapan utama MotoGP Mandalika 2024. Itu terjadi karena motor yang digunakannya terbakar. Diketahui, penyebab keluarnya api karena ada kerusakan pada mesin motor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Awalnya The Baby Aliens tampil cukup meyakinkan di Sirkuit Mandalika setelah berhasil finis untuk kali pertama di Indonesia dalam sesi Sprint Race, Sabtu, 28 September 2024. Meski start dari posisi 12, dia bisa menyelesaikan balapan pendek itu di podium ketiga.

Namun, nasib buruk malah terjadi dalam balapan utama yang digelar pada Minggu, 29 September 2024. Dia gagal finis untuk ketiga kalinya dalam MotoGP Indonesia.

Setelah bersaing sengit dengan Fabio Di Giannantonio untuk merebutkan posisi ketujuh, Marquez tiba-tiba memperlambat laju motornya. Ternyata, muncul percikan api dari mesin kuda besinya sehingga dia terpaksa menepi dan kemudian marshall berhasil memadamkan api.

Rider asal Spanyol itu pun mengungkapkan bahwa motornya terbakar akibat mesinnya yang rusak sangat parah. Dia pun heran karena hal itu terjadi tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.

“Kerusakan terjadi tanpa ada pertanda. Motornya berjalan dengan baik, tapi tiba-tiba terdengar suara keras dan terjadi begitu saja. Itu adalah kerusakan mesin,” kata Marquez dilansir dari Speedweek, Senin, 30 September 2024.

“Hari ini kami mengalami kekalahan besar bersama-sama. Baik saya maupun tim tidak bisa mengendalikannya,” imbuhnya.

Meski gagal finis, Marquez tak terlalu kecewa dengan hilangnya peluang untuk terus mendekati puncak klasemen MotoGP, yang diduduki Jorge Martin. Sebab, menurutnya, targetnya hanya lima besar dalam setiap balapan dan itu sudah tercapai sejauh ini.

“Saya selalu mengatakan bahwa penting bagi saya untuk menempatkan diri kami di antara yang terbaik dan finis di lima besar dalam segala kondisi. Kami telah mencapai tujuan kemenangan pribadi saya,” ucap juara MotoGP enam kali itu.

“Tonggak sejarah berikutnya adalah konsistensi. Dan karena kesalahan kami sendiri, kami tidak dapat melakukannya hari ini,” tutup Marc Marquez.

Pilihan Editor: Mario Aji Kecelakaan di Sesi Latihan Terakhir Moto2 Mandalika 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi