MGPA: Dampak Ekonomi MotoGP Mandalika 2024 Diperkirakan Rp 4,8 Triliun
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 1 Oktober 2024 09:00 WIB
Sejumlah pembalap memacu kecepatan motornya saat berlomba dalam MotoGP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu, 29 September 2024. Pembalap Prima Pramac Jorge Martin berhasil memenangi MotoGP Mandalika sementara posisi kedua diraih pembalap Red Bull GASGAS Tech3 Pedro Acosta dan posisi ketiga diraih pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan bahwa dampak ekonomi yang dihasilkan dari MotoGP Mandalika 2024 diperkirakan mencapai Rp 4,8 triliun. Angka itu merupakan total perhelatan selama tiga hari dari 27 hingga 29 September 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Estimasi kami (untuk) dampak ekonomi Rp 4,8 triliun," kata Priandhi, dikutip dari Tempo.co pada hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024.

Priandhi menjelaskan bahwa ada 800 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ikut serta dan 3.000 tenaga kerja yang terlibat. Sementara itu, data MGPA mencatatkan ada 120 ribu penonton yang hadir dari total 134 ribu tiket yang tercetak.

"Kalau berapa data masing-masing per hari kami belum pilah, tetapi angka keseluruhan ini berdasarkan hasil penonton yang men-scan bar code tiket di pintu-pintu masuk tiket menuju tribun penonton," ujarnya, dikutip dari Antara.

Sementara itu, Priandhi mengungkapkan bahwa total penonton dari seluruh dunia tercatat ada 300 juta penonton. Angka tersebut merupakan akumulasi dari tayangan MotoGP 2024 di 119 stasiun televisi yang ditayangkan di 200 negara di seluruh dunia.

Pilihan Editor: Marc Marquez: Penggunaan APAR di MotoGP Mandalika Malah Merusak Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi