Nissan Akuisisi Lagi Saham Sendiri dari Renault
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 1 Oktober 2024 15:00 WIB
Diler Nissan. (Foto: Nissan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMenindaklanjuti resolusi Dewan Direksi pada tanggal 26 September 2024, Nissan Motor Co., Ltd. (Nissan) mengumumkan akuisisi sahamnya sendiri dari Renault SA (Renault). Sekaligus pembatalan sahamnya sendiri berdasarkan ketentuan Pasal 165(3) dan Pasal 178 Undang-Undang Perusahaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nissan telah menerima pemberitahuan dari Renault yang menawarkan penjualan sebagian saham Nissan ("Saham yang Ditawarkan") yang disimpan dalam perwalian Prancis. 

Dikabarkan pula Nissan telah memutuskan mengakuisisi 195.473.600 saham, yang sesuai dengan semua Saham yang Ditawarkan kecuali saham yang kurang dari satu unit, dengan memanfaatkan hak penawaran pertamanya sebagaimana disepakati dengan Renault berdasarkan Perjanjian Aliansi Baru. Nissan telah memutuskan untuk membatalkan semua saham yang diakuisisi.

Transaksi ini akan didanai menggunakan posisi kas bersih Nissan. Keputusan ini sejalan dengan komitmen Nissan untuk meningkatkan laba pemegang saham dan efisiensi modal sambil mempertahankan sumber daya keuangan yang diperlukan untuk menjalankan rencana bisnis Nissan.

Sebagai rincian, bahwa saham yang diakuisisi adalah Saham biasa dengan jumlah total mencapai 195.473.600 saham setara 5,03 persen.

Dari kantong Nissan untuk mengakuisisi harus merogoh biaya mencapai 79.850.965.600 Yen atau setara Rp 8,4 triliun. Akuisisi tepatnya dilakukan pada 27 September lalu dengan metode akuisisi pembelian kembali saham milik sendiri di luar lelang (ToSTNeT-3) di Bursa Efek Tokyo).

Sebagai catatan, Renault SA, pemegang saham Nissan, telah memberitahukan Nissan tentang niatnya untuk menawarkan sejumlah saham yang disebutkan dalam ‘Jumlah total saham yang akan diakuisisi’ yang dimiliki dalam perwalian Prancis untuk pembelian kembali.

Adapun Nissan bukan kali pertama mengakuisisi saham dari Renault, namun pada bulan Maret 2024 pernah menebus saham mencapai 100.242.900 saham setara 2,51 persen total saham. Mencapai 59.484.136.860 Yen atau setara Rp 6,2 triliun.

Pilihan Editor: Mobil Kencang Legenda Nissan akan Berkumpul di NISMO Festival 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi