Penjualan Kawasaki Ninja 7 dan Z7 Hybrid Dihentikan, Ini Penyebabnya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 1 Oktober 2024 17:00 WIB
Kawasaki Ninja 7 Hybrid. (Foto: Kawasaki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pada 12 September 2024, Kawasaki Motors Corporation USA menghentikan penjualan sekaligus melakukan penarikan kembali terhadap dua motor hybridnya, yakni Ninja 7 dan Z7. Hal ini disebabkan adanya masalah pada ECU (Electronic Control Unit).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Rideapart hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024, masalah yang terjadi adalah sistem kontrol perpindahan gigi elektronik mungkin tidak bisa menemukan posisi Netral saat pengendara berpindah dari gigi pertama ke gigi kedua. Posisi Netral yang tidak bisa ditemukan ini dapat menyebabkan motor kehilangan tenaga dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Menurut catatan Kawasaki USA, sekitar 1.150 unit motor Ninja 7 dan Z7 terdampak masalah ini. Unit yang terlibat recall ini merupakan yang diproduksi antara 29 November 2023 dan 26 Agustus 2024, dan memiliki VIN mulai dari ML5CXGA16RDA00161 hingga ML5CXGA19RDA04544 dan juga ML5CRGA13RDA01181 hingga ML5CRGA17RDA04357.

Kawasaki Motors Limited (perusahaan induk Kawasaki Motors USA) pertama kali menerima laporan terkait masalah ini pada Mei 2024 di Eropa. Sejak saat itu, KML telah menyelidiki masalah tersebut  sebelum memulai kampanye penarikan kembali pada September 2024.

Kawasaki Motors USA mengirimkan pemberitahuan penghentian penjualan ke jaringan dealernya pada 13 September 2024. Dalam pemberitahuan ini, perusahaan juga mencatat bahwa mereka berharap untuk menerbitkan informasi perbaikan kepada dealer pada akhir Oktober atau awal November 2024.

Perbaikan meliputi pemrograman ulang ECU, yang harus dilakukan oleh dealer Kawasaki resmi setempat tanpa dikenakan biaya alias gratis. Jika konsumen telah melakukan perbaikan sebelum penarikan ini diumumkan, maka mereka akan mendapatkan penggantian biaya.

Kawasaki menegaskan bahwa pemilik Ninja 7 dan Z7 Hybrid yang unitnya terdampak tidak boleh mengendarai motornya sampai perbaikan resmi dilakukan. Kawasaki mengirimkan pemberitahuan awal kepada pemilik terdaftar yang terdampak recall ini, dan akan mengirimkan pemberitahuan lain setelah perbaikan siap dilakukan di dealer resmi Kawasaki setempat .

Pilihan Editor: Marc Marquez: Penggunaan APAR di MotoGP Mandalika Malah Merusak Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi