Marc Marquez Keluhkan Penggunaan APAR di MotoGP Mandalika, Begini Penjelasan MGPA
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 1 Oktober 2024 12:00 WIB
Motor Marc Marquez terbakar di MotoGP Mandalika 2024. (Dok MotoGP)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA) memberi klarifikasi soal jenis alat pemadam api ringan (APAR) yang diprotes Marc Marquez usai motornya terbakar di MotoGP Mandalika, Minggu, 29 September 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Direktur MGPA Priandhi Satria, APAR yang digunakan di MotoGP Mandalika 2024 sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Penggunaan APAR di MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, sudah sesuai dengan peraturan balap yang berlaku," ujar dia dalam keterangan resminya yang diterima Gooto, Senin, 30 September 2024.

Priandhi menambahkan, APAR yang digunakan marshal untuk memadamkan percikan api pada bagian mesin motor Marc Marquez juga telah memenuhi aturan FIM untuk melaksanakan kegiatan balap MotoGP.

"Sudah mendapatkan homologasi grade A sebelum balapan pada Kamis 26 September 2024 lalu," tegasnya.

Dia mengaku untuk mendapatkan homologasi tersebut, telah dilakukan track inspection yang dilakukan oleh pihak Dorna, Race Direction (Loris Capirossi), FIM Safety Officer (Tome Alfonso) Race Director (Mike Webb) serta perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan manajemen MGPA.

Priandhi pun menegaskan Marc Marquez seharusnya melakukan protes ke FIM, karena mereka memberikan izin penggunaan APAR yang dimiliki Sirkuit Mandalika.

"Yang bisa mengatur adalah FIM selaku regulator balap roda dua. Bukan individu pembalap," tegas dia.

Hal senada juga diutarakan Deputy Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat dan FIM Closed Circuit Racing (CCR) Eddy Saputra. Ia menyebut penyemprotan APAR ke bagian mesin motor Marc Marquez merupakan tindakan yang tepat.

"Jadi APAR telah sesuai dengan aturan FIM standard of circuit tahun 2024," ujar Eddy dalam keterangan resminya.

Eddy menyebut aturan penggunaan APAR di seluruh sirkuit MotoGP terdapat beberapa jenis atau tipe APAR, ada APAR dengan tipe ABC Powder 6 kilogram.

"APAR ini tersedia di semua pos Marshal," katanya.

Selain itu, ada AFF foam (busa). APAR jenis ini tersedia di beberapa pos marshal di Sirkuit Mandalika. Selain itu, ada APAR tipe CO2. APAR ini khusus indoor yang disiapkan hanya di depan pit lane.

"Penggunaan APAR tipe CO² terbaik untuk di dalam ruangan tertutup," katanya.

Pilihan Editor: Marc Marquez: Penggunaan APAR di MotoGP Mandalika Malah Merusak Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi