Pabrik Baterai CATL Kebakaran, Api Berhasil Dipadamkan dengan Cepat
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 1 Oktober 2024 20:00 WIB
Pabrik baterai CATL kebakaran. (Foto: CarNewsChina)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pabrik Z CATL yang berlokasi di Cina mengalami kebakaran pada Minggu, 29 September 2024. Pabrik ini dibangun pada 2020 dan memasok baterai kepada beberapa pabrikan otomotif Cina, termasuk Tesla.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman CarNewsChina, Departemen Publisitas Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Dongqiao menerima alarm pada Minggu pukul 11.26 waktu setempat. Alarm itu menandakan bahwa terjadi kebakaran di pabrik Z CATL. Petugas pemadam kebakaran pun segera menuju lokasi untuk penanganan.

Kebakaran terjadi di sebuah gedung independen di area pabrik CATL Z. Bangunan tersebut merupakan blok statis bersuhu tinggi dengan luas 15.000 meter persegi. Menurut pejabat CATL, api dapat dipadamkan dengan cepat tanpa menimbulkan korban jiwa, sementara penyebab kebakaran masih diselidiki.

Pejabat CATL mengungkapkan bahwa sistem pemantauan kebakaran membantu mereka menemukan api dan menanganinya dengan cepat. Dampak dari keseluruhan operasi produksi perusahaan itu kecil dan Ketua CATL Robin Zeng mengatakan bahwa kebakaran tersebut bukanlah masalah besar.

Untuk diketahui, CATL merupakan produsen baterai NEV terbesar di dunia, yang berdiri pada 2011. Saat ini, CATL memiliki 13 pabrik di seluruh dunia.

Di Cina sendiri, CATL menguasai hampir 50 persen pangsa pasar. CATL mulai membangun basis manufaktur Z di Ningde, provinsi Fujian, pada 2019. Pabrik tersebut rampung dibangun pada September 2020.

Pilihan Editor: Marc Marquez: Penggunaan APAR di MotoGP Mandalika Malah Merusak Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi