Ketahui 4 Penyebab Tali Gas Motor Putus
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 2 Oktober 2024 08:00 WIB
Pengunjung melihat Suzuki Avenis 125 dalam pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di Jakarta Convention Center, Kamis 3 November 2022. Garis tajam mengalir dari bagian depan hingga ke belakang terlihat tegas dalam 3 pilihan warna, yaitu Pearl Mirage White/Metallic Matte Fibroin Grey, Mettallic Matte Black/Glass Sparkle Black, dan Metalic Matte Fibroin Grey/Metallic Lush Green. TEMPO/Fardi Bestari
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tali gas pada motor merupakan komponen yang menghubungkan tuas gas dengan throttle mesin. Tali gas ini bisa mengalami kerusakan bahkan putus jika tidak dirawat dengan baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penyebab putusnya tali gas pada motor ini bisa dikarenakan kurangnya perawatan secara berkala. Selain itu, kerusakan pada komponen motor juga menjadi faktor yang cukup umum.

Berikut penyebab tali gas sepeda motor putus, dilansir dari laman Suzuki Indonesia hari ini, Rabu, 2 Oktober 2024:

1. Tekanan pada Tali Gas

Tekanan dan tarikan berulang setiap kali motor digunakan bisa menyebabkan terjadinya kelemahan material. Seiring berjalannya waktu, tekanan ini semakin melemahkan kabel dan menyebabkan kabel tersebut putus.

Jika hal itu terjadi, maka motor tidak dapat berfungsi dengan baik. Pemilik motor juga diharuskan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

2. Gesekan Berlebih

Gesekan berlebih menjadi masalah umum yang menyebabkan tali gas cepat rusak. Hal ini sering disebabkan oleh pemasangan yang tidak tepat atau kotoran yang menumpuk.

Gesekan yang tinggi dapat mengikis pelindung dan kabel tali gas motor, sehingga mempercepat kerusakan hingga terputus, bahkan bisa memengaruhi performa motor.

3. Kualitas Tali Gas Buruk

Material yang buruk cenderung tidak tahan terhadap tekanan dan suhu tinggi. Tali gas yang tidak memenuhi standar biasanya akan cepat rusak dan memengaruhi kualitas sepeda motor.

4. Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan yang lembab, suhu ekstrem, atau paparan dari bahan kimia dapat merusak tali gas. Oleh sebab itu, penting untuk melindungi tali gas dari suhu dan kelembaban yang tidak menentu.

Pilihan Editor: Marc Marquez: Penggunaan APAR di MotoGP Mandalika Malah Merusak Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi