Ini Ciri-ciri Baterai Smart Key Harus Diganti
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 2 Oktober 2024 10:00 WIB
Pengunjung melihat sepeda motor terbaru Yamaha FreeGo saat ditampilkan dalam Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di JCC, Jakarta, 1 November 2018. Beragam fitur berkelas disematkan pada FreeGo, salah satunya Smart Key System, yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (keyless). TEMPO/Fardi Bestari
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pada motor yang menggunakan teknologi keyless, baterai remote yang sudah hampir habis masa pakainya akan menimbulkan masalah bagi pengguna. Sebab, remote ini berfungsi dalam proses menyalakan mesin, termasuk buka-tutup bagasi dan jok, serta mencari motor saat ada di parkiran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seiring pemakaian, kondisi baterai remote keyless bisa melemah, sehingga perlu segera diganti sebelum mati total. Lantas, apa tanda-tanda baterai remote keyless sudah lemah?

Melansir laman Wahana Honda hari ini, Rabu, 2 Oktober 2024, remote keyless yang melemah bisa dikenali dari lampu indikator yang tampak redup. Biasanya, jarak jangkauan remote memendek saat tombol answer back ditekan.

Selain itu, saat baterai remote lemah, indikator smart key di panel instrumen akan hidup dan berkedip saat knop keyless diputar. Oleh sebab itu, remote keyless ini perlu diperhatikan kondisi baterainya agar tetap berfungsi normal.

Remote keyless ini menggunakan baterai yang berbeda-beda setiap merek motornya. Misalnya, pada motor matik Honda menggunakan baterai koin tipe CR2032, yang bisa didapat di toko jam atau peralatan kantor.

Pilihan Editor: Marc Marquez: Penggunaan APAR di MotoGP Mandalika Malah Merusak Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi