Yamaha Rilis Teaser Motor Baru yang Bakal Rilis 9 Oktober, R9?
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 2 Oktober 2024 19:00 WIB
Yamaha YZF-R9 logo. (Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Yamaha baru saja merilis video teaser calon motor barunya yang bakal rilis pada 9 Oktober 2024. Belum diketahui motor apa yang akan rilis ini, namun Gooto memperkirakan motor tersebut adalah Yamaha R9.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Era baru sedang bangkit, 9 Oktober," tulis Yamaha dalam keterangan unggahan di akun Instagram, @yamahamotorusa, sebagaimana dikutip Gooto hari ini, Rabu, 2 Oktober 2024.

Indikasi kehadiran Yamaha R9 bisa dilihat dari video yang memperlihatkan penghitungan waktu mundur dari 12 dan berhenti di angka 9. Kemudian, tanggal peluncurannya pun 9.

Jika memang benar R9, maka motor ini akan mengisi model supersport di jajaran motor Yamaha setelah produksi R6 dihentikan pada 2020. Melansir laman Rideapart, R9 hampir pasti akan menggunakan mesin CP3 Yamaha, yang mungkin akan ditingkatkan tenaganya di rentang putaran mesin yang tinggi.

Kemudian, sasisnya juga nampaknya akan cukup tangguh seperti yang digunakan R6. Lalu motor ini diharapkan menyematkan beberapa komponen dan elektronik SP.

Kabar kehadiran R9 telah mencuat sejak 2022, tepatnya saat Yamaha mengajukan paten untuk merek dagang YZF-R9. Paten merek dagang tersebut diajukan yamaha sejak musim panas 2021.

Dalam dokumen merek dagang tersebut juga terungkap logo YZF-R9 yang akan digunakan Yamaha pada calon supersport terbarunya. Logo tersebut sama dengan tipografi pada seri R yang ditemukan di YZF-R3, R7, dan R1.

Namun dokumen tersebut tidak mengungkapkan gambar dan detail spesifikasi dari Yamaha R9. Namun jika melihat pada R7 yang menggunakan basisi dari MT-07, maka kemungkinan YZF-R9 akan menggunakan basis dari Yamaha MT-09.

Pilihan Editor: MGPA: Dampak Ekonomi MotoGP Mandalika 2024 Diperkirakan Rp 4,8 Triliun

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi