MotoGP Mandalika: APAR untuk Motor Marc Marquez Dianggap Tidak Cocok
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 3 Oktober 2024 12:00 WIB
Motor Marc Marquez terbakar di MotoGP Mandalika 2024. (Dok MotoGP)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - MotoGP Mandalika 2024 menjadi sorotan usai motor pembalap Gresini Racing, Marc Marquez mengalami kebakaran pada mesin dan memaksanya untuk melaju ke pinggir sirkuit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melihat kejadian tersebut, petugas atau marshal di Sirkuit Mandalika langsung mendatangi sang pembalap dan menyemprotkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ke motor Marc Marquez.

Sayangnya, aktivitas tersebut malah dikritik oleh Marquez. Menurutnya, penggunaan APAR untuk motornya tidak sesuai, sehingga membuat beberapa komponen malah ikut rusak. Disebutkan, APAR yang digunakan untuk memadamkan api pada motor Marc Marquez ini menggunakan tipe powder.

Menanggapi peristiwa tersebut, President Director PT Indolok Bakti Utama, sebagai penyedia APAR di Indonesia, Rahmat Rezki menjelaskan bahwa APAR jenis powder belum terlalu efektif untuk mengatasi kebakaran pada mesin motor.

"APAR yang digunakan Marquez itu jenisnya powder, belum terlalu efektif untuk mematikan api tapi sebenarnya tidak merusak komponen pada motor," ujarnya dikutip di Cikarang, Jawa Barat, Rabu, 2 Oktober 2024.

Menurutnya, kerusakan pada motor Marc Marquez ini disebabkan oleh faktor spesifikasi di powder tidak efektif.

"Sebenarnya, APAR jenis powder bisa saja berguna untuk mematikan api yang timbul di kendaraan. Namun, ada syaratnya. APAR jenis powder yang bagus itu harus 90 persen tingkat efektivitasnya. Kemudian, tekanan tabung juga harus dipertimbangkan. Makin kencang tekanannya, maka makin efektif saat memadamkan apinya," Lebih lanjut dia.

Rahmat juga menyebut apabila api sudah menyambar pada kerangka kendaraan, maka APAR jenis powder sudah tidak bisa digunakan lagi.

"Itu kan motor dipakai balap, maka panasnya tinggi sekali, tidak cukup dengan itu (APAR powder). Harusnya pakai yang ultimate aja (APAR jenis liquid)," tutupnya.

Pilihan Editor: MGPA: Dampak Ekonomi MotoGP Mandalika 2024 Diperkirakan Rp 4,8 Triliun

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi