Eks Manajer Marc Marquez Jadi Bos Tim KTM di MotoGP 2025
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 6 Oktober 2024 09:00 WIB
Manajer baru KTM di MotoGP 2025, Aki Ajo. (Dok KTM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Francesco Guidotti dilaporkan tidak akan lagi menjabat sebagai Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing di MotoGP akhir musim nanti. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Guidotti sebelumnya rela meninggalkan Pramac Racing pada akhir 2022 demi menerima tawaran KTM untuk menjadi Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing.

Namun, KTM memilih melepasnya akhir tahun ini, dan menggaet Aki Ajo sebagai penggantinya. Ajo sendiri dikenal sebagai salah satu sosok bertangan dingin di ajang Grand Prix yang juga merupakan mantan manajer Marc Marquez.

Pria Finlandia tersebut dikenal berhasil mengorbitkan pembalap-pembalap ternama lewat timnya sendiri, sekaligus memanajeri banyak rider bertalenta.

Aki Ajo membentuk Ajo Motorsport pada 2001 dan turun di kelas GP125 bersama Honda, Malaguti, Derbi, dan Aprilia. Namun, sejak kelas ini digantikan oleh Moto3 pada 2012, Ajo mengalihkan skuadnya ke KTM. Selama berlaga di Grand Prix, skuad Ajo pun meraih begitu banyak gelar dunia.

Nama-nama rider yang pernah ia naungi juga sama sekali tak ecek-ecek, di antaranya Marc Marquez, Johann Zarco, Danny Kent, Sandro Cortese, Mike di Meglio, Jack Miller, Miguel Oliveira, Brad Binder, Raul Fernandez, Remy Gardner, Jorge Martin, Augusto Fernandez, dan Pedro Acosta. Ajo juga pernah memanajeri Maverick Vinales.

Setelah 12 tahun bermitra dengan Ajo lewat program junior KTM GP Academy, KTM akhirnya menunjuknya sebagai manajer baru Red Bull KTM Factory Racing, yang akan menaungi Brad Binder dan Pedro Acosta pada MotoGP 2025.

"Sebuah kehormatan bisa ditawari peran baru dan kesempatan yang hebat ini untuk bekerja di MotoGP bersama Red Bull KTM Factory Racing. Saat ini, MotoGP berada di level yang sangat tinggi, sehingga kami harus terus bekerja di banyak area dan menggunakan kekuatan untuk merakit paket KTM menuju standar yang lebih baik," ucap Ajo dilansir dari laman resmi KTM Factory Racing.

"Kami harus terus bekerja keras, tetapi saya rasa proyek ini sudah memiliki banyak bagian yang baik agar bisa berada di papan atas. Kami harus mengendalikan mereka dengan cara terbaik. Terima kasih kepada Stefan (Pierer), Hubert (Trunkenpolz), Pit (Beirer), Jens (Hainbach), dan semua orang di struktur KTM," tutup dia.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Jepang: Bagnaia Juara, Pedro Acosta Jatuh Saat Memimpin

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi