Ini Dampak Lanjutan Jika Mobil Sudah Pernah Turun Mesin
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 6 Oktober 2024 15:00 WIB
Ilustrasi mesin mobil. matthews-northcarolina.olx.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Para pemilik mobil perlu memahami bahwa proses turun mesin bukan hanya sekadar perbaikan besar. Proses ini turut membawa sejumlah dampak lanjutan jika penanganannya dilakukan dengan sembarangan dan tidak sesuai pabrikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Proses turun mesin sendiri adalah tindakan teknis yang melibatkan pembongkaran bagian inti dari mesin mobil untuk diperiksa, diperbaiki, dan diganti. Hasil turun mesin bisa tidak sesuai harapan jika dilakukan di bengkel tidak terpercaya.

Berikut dampak lanjutan jika mobil sudah pernah turun mesin, dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Minggu, 6 Oktober 2024:

1. Kualitas Pengerjaan Tidak Terjamin

Pengerjaan turun mesin yang tidak berkualitas dan penggunaan alat seadanya bahkan spare part palus, tentu membuat hasil dan kualitas tidak terjamin.

2. Potensi Masalah Mesin yang Berulang

Mobil yang turun mesin harus ditangani dengan hati-hati. Jika perbaikan dilakukan dengan sembarangan, potensi masalah mesin berulang sangat mungkin terjadi. Hal ini tentu bisa memperparah kerusakan, sehingga pemilik harus melakukan perbaikan tambahan.

3. Garansi Hilang

Jika perbaikan atau turun mesin tidak dilakukan di bengkel resmi, tentu hal itu bisa saja menggugurkan garansi atau warranty mobil jika masih berlaku.

4. Nilai Jual Mobil Menurun

Mobil yang sudah turun mesin tentu berdampak pada nilai jual kembali yang menurun. Nilai jual cenderung rendah jika perbaikan dilakukan di bengkel yang pengerjaannya asal dan menggunakan spare part palsu. Pembeli akan merasa ragu untuk membeli mobil yang sudah turun mesin.

5. Risiko Penggunaan Alat yang Tidak Memadai

Jika turun mesin menggunakan peralatan yang tidak lengkap, maka banyak yang dikorbankan, termasuk potensi kerusakan tambahan yang bisa lebih parah.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Jepang: Bagnaia Juara, Pedro Acosta Jatuh Saat Memimpin

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi