Balap Motor Listrik Bakal Digelar di Sirkuit Sentul Bulan Ini
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 6 Oktober 2024 18:00 WIB
Motor listrik United E-Motor TX3000. (Dok United)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - United E-Motor bakal menggelar balap motor listrik One Make Race pada 12-13 Oktober 2024 di Sirkuit Sentul. Perlombaan ini merupakan balapan motor listrik pertama yang digelar di Indonesia. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam ajang tersebut, akan dilombakan 4 kelas yang keseluruhannya menggunakan motor listrik dari United E-Motor, yaitu kelas TX300, MT1500, MX1200 serta kelas gabungan Avand SC 121 & SC 122.

Keseluruhan kelas akan diikuti oleh para pembalap motor profesional. One Make Race diselenggarakan bersamaan dengan balap motor konversi yang dinaungi oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli).

Sebelum menggelar balap motor listrik, rangkaian pengujian dilakukan pada United E-Motor TX3000. Ini merupakan sebuah persiapan untuk mengikuti gelaran One Make Race pada pekan depan.

Motor listrik United E-Motor TX3000 adventure diuji ketahanan dan kekuatannya di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin, 30 September 2024.

Pengujian kekuatan dan ketahanan United E-Motor TX3000 digelar dan diikuti oleh sejumlah personil dari tim Research & Development United yang berkolaborasi dengan salah satu pembalap motor nasional, M. Iqbal Arifuddin. Berbagai pengukuran dilakukan untuk memperoleh output maksimal. 

“Setelah melalui serangkaian tes dan beberapa penyesuaian, hasilnya sangat baik. Jujur, saya kagum dengan TX3000 karena durability-nya ok banget,” ujar Iqbal dalam keterangan resminya.

Pengujian dilakukan dengan mengetes kecepatan dan ketangkasan United E-Motor TX3000 mengitari lintasan sirkuit sebanyak total 35 lap. Hasil yang ditunjukkan sangat impresif, dengan average lap time 01:21,9. Temperatur pada controller dan BCU (Battery Control Unit) juga diklaim aman, walau pengetesan dilakukan dalam kondisi panas dan kecepatan tinggi.

Kondisi tersebut dapat tercapai karena adanya sistem air flow yang sangat baik untuk mendinginkan komponen-komponen penting pada dinamo TX3000. Hal ini membuktikan bahwa dinamo yang digunakan memiliki durabilitas yang sangat baik walau dalam kondisi yang cukup ekstrem. 

“Hasil endurance test TX3000 sangat memuaskan. Bisa dibilang motor ini bukan sekedar motor listrik biasa, karena ketahanannya teruji dengan baik,” ungkap Head of Marketing Communication UNTD, Meilany Suryanata.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Jepang 2024: Bagnaia Juara, Marc Marquez Podium Lagi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi