6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Aki Mobil Soak
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 7 Oktober 2024 11:00 WIB
Ilustrasi mobil. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ada beberapa kebiasaan pemilik mobil yang bisa menyebabkan aki mobil mudah soak. Oleh sebab itu, pemilik mobil harus memiliki kebiasaan merawat aki agar aki tidak mudah soak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kebiasaan sehari-hari dalam berkendara berpengaruh pada kinerja masing-masing komponen kendaraan. Salah satunya adalah komponen aki yang memegang peran penting agar mobil dapat bekerja optimal.

Berikut 6 kebiasaan yang bisa menyebabkan aki mobil soak, dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia hari ini, Senin, 7 Oktober 2024:

1. Penggunaan Aksesori Berlebih

Penggunaan aksesori berlebihan bisa memengaruhi kelistrikan mobil. Misalnya menggunakan perangkat GPS tambahan, lampu mobil, klakson, dan aksesori lainnya. Gunakanlah aksesori mobil yang sewajarnya.

2. Menyalakan Perangkat Elektronik saat Mobil Mati

Penggunaan perangkat elektronik saat mobil tidak dinyalakan bisa membuat aki soak. Maka dari itu, hindari menyalakan perangkat elektronik atau lampu saat mesin mobil dimatikan.

3. Tidak Menyalakan Mobil dalam Waktu Lama

Aki bisa soak akibat mobil didiamkan terlalu lama. Disarakan tetap memanaskan mesin mobil setiap hari minimal 20 sampai 30 menit sehari walaupun jarang digunakan. Mobil yang tidak dinyalakan dalam waktu lama membuat aki menjadi tidak awet.

4. Kurang Memerhatikan Cairan Aki

Pastikan cek ukuran ketinggian cairan aki secara berkala. Kekurangan cairan aki akan membuat mobil mogok dan tidak bekerja optimal. Cairan aki yang tidak memenuhi standar akan membuat komponen kelistrikan mobil terganggu kinerjanya.

5. Aki Sudah Berusia Lama

Membiarkan aki yang sudah berusia lama terus kerja, membuat aki akan cepat rusak atau soak. Jangan tunggu mobil mogok atau aki soak untuk mengganti aki dengan yang baru. Faktanya, aki yang sudah berumur dua tahun atau lebih, biasanya memunculkan tanda-tanda penurunan kinerja.

6. Mobil Jarang Diservis

Mobil yang jarak dirawat atau diservis rutin berpeluang mengalami kerusakan mobil lebih besar. Hal ini juga berlaku pada aki mobil. 

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Jepang 2024: Bagnaia Juara, Marc Marquez Podium Lagi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi