Tips Berkendara dengan Aman di Jalan Tol untuk Pemula
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 8 Oktober 2024 08:00 WIB
Kepadatan kendaraan melintasi jalan tol dalam kota kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 24 September 2024. Penyesuaian tarif tol pada jalan tol Dalam Kota, yaitu ruas Cawang-Tomang-Pluit yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk mulai diberlakukan. Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 2130/KPTS/M/2024 tanggal 22 Agustus 2024 tentang Penyesuaian Tarif Tol. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aturan kecepatan berkendara di jalan tol bertujuan untuk mengedepankan keselamatan pengguna jalan tol, sehingga pengemudi wajib mentaatinya. Namun, mempertahankan kecepatan dan menjaga jarak dengan kendaraan lain menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi pengemudi pemula.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Keselamatan berkendara menjadi prioritas utama. Hyundai Gowa memahami apa yang menjadi kebutuhan utama pelanggan. Misalnya fitur Highway Driving Assist yang dapat membantu pelanggan mengemudi dengan aman dan nyaman di jalan tol," kata Ferry, Chief Operation Officer PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa).

Hyundai Gowa memahami kondisi ini dan memberikan tips mudah agar pengendara di jalan tol dapat berkendara dengan nyaman dan aman. Berikut tips berkendara di jalan tol versi Hyundai Gowa:

1. Berkendara dengan Tenang

Saat berada di jalan tol, penting bagi pengemudi untuk tetap tenang dan mengontrol emosi. Walau jalanan lengang, jangan terpancing untuk memacu kendaraan dengan kecepatan maksimal/ melampaui batas.

Tetap waspada terutama ketika harus berpindah jalur. Sebelum memotong jalan, pastikan untuk selalu menyalakan lampu sein dan menghindari penurunan kecepatan secara tiba-tiba. Selalu periksa kondisi di sekitar Anda dengan melihat spion guna memastikan bahwa jalur aman untuk dilalui. Perlu diingat jalur sebelah kanan adalah untuk kendaraan dengan kecepatan yang lebih tinggi atau untuk menyalip.

2. Berikan Tanda Lampu Sein Saat Berpindah Jalur

Perhatikan selalu lampu isyarat saat akan berpindah jalur. Semua mobil pasti memiliki kecepatan tinggi, sehingga Anda harus berhati-hati saat akan berpindah jalur.

Jika berpindah jalur, maka pastikan jarak dengan mobil depan dan belakang sudah aman. Perhatikan juga mobil-mobil yang berasal dari samping kiri atau kanan, jangan sampai berpindah jalur saat masih ada mobil lain di bagian samping.

3. Perhatikan Jarak Antar Kendaraan

Menjaga jarak yang cukup antara kendaraan Anda dengan kendaraan lain, baik di depan maupun di belakang, adalah kunci penting untuk keselamatan berkendara di jalan tol. Idealnya, jarak antara kendaraan adalah sekitar 10 hingga 20 meter, atau Anda dapat mengikuti aturan 3 detik sebagai selisih waktu antara mobil Anda dan kendaraan di depan.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Jepang 2024: Bagnaia Juara, Marc Marquez Podium Lagi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi