Ini Fungsi Penting Rem ABS pada Motor, Mencegah Ban Terkunci
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 8 Oktober 2024 11:00 WIB
Ilustrasi rem cakram belakang sepeda motor. Januari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Anti-lock Braking System atau ABS merupakan teknologi pengereman yang disematkan pada kendaraan. ABS pada sepeda motor memainkan peran penting dalam meningkatkan keselamatan berkendara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketika pengendara melakukan pengereman mendadak atau panic braking, ABS akan membantu menghindari terjadinya penguncian pada roda. Salah satu keuntungan penggunaan rem ABS adalah membuat pengemudi dapat tetap mengendalikan kendaraan dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Beberapa keuntungan utama ABS adalah jarak pengereman yang lebih pendek, umur ban yang lebih lama, keausan yang berkurang, kinerja yang lebih baik dalam berbagai kondisi cuaca, dan potensi penghematan premi asuransi.

Melansir laman Wahana Honda pada hari ini, Selasa, 8 Oktober 2024, sistem pengereman ABS menawarkan kontrol kemudi yang lebih baik dan penyesuaian tekanan rem otomatis. Teknologi ini membuat pengereman lebih aman karena membuat roda motor tidak mengunci saat pengereman mendadak.

ABS ini mencegah potensi terjadi selip dan tergelincir pada ban motor. Saat berkendara di kondisi jalan yang licin, pengendara rawan mengalami kecelakaan saat proses pengereman.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Jepang 2024: Bagnaia Juara, Marc Marquez Podium Lagi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi